Tanya Dokter

  • Penyebab pusing berkepanjangan dan sulit bernapas

  •  M Ilham
    Anggota

    Haii dok saya mau nanya udah seminggu ini saya pusing terus apa lagi pas bangun tidur terus kalau malam saya susah bernafas saya mau nanya apa penyabab nya dok terimakasih

    Halo, Keluhan pusing saat bangun tidur bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti:

    • Hipotensi, yaitu tekanan darah rendah yang terjadi karena perubahan posisi dari tidur ke duduk atau berdiri secara mendadak. Biasanya disertai dengan gejala mual, lemas, pusing, pandangan buram
    • Sakit kepala tegang, dengan gejala pusing, otot leher kaku, mual, muntah, mata berkunang-kunang.
    • Sakit kepala harian kronis. Biasanya terjadi karena  kelelahan, bantal terlalu tinggi, terlalu banyak tidur, tidur tidak nyenyak, kurang tidur, dan  kesalahan posisi tidur.
    • Neuralgia occipital. Pemicunya adalah gangguan pada saraf oksipital yang berada di sekitar saraf tulang belakang dari pangkal leher sampai kepala.
    • Migrain, biasanya lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria. Gejala yang muncul adalah sakit kepala, leher kaku, lemas pada salah satu sisi wajah/keseluruhan wajah
    • Dsb
    Sementara itu, sesak napas pada malam hari mungkin berkaitan dengan posisi berbaring, faktor obesitas, berolahraga terlalu berat, berada di tempat dengan suhu ekstrem, berada di daerah dengan ketinggian tertentu, suhu yang terlalu dingin pada malam hari, pilek, batuk, alergi, anemia, hipotensi, dll Untuk mengetahui diagnosis pasti, dokter perlu melakukan beberapa hal seperti melakukan pemeriksaan fisik langsung, memeriksa riwayat kesehatan, melakukan wawancara medis terpadu, dan pemeriksaan penunjang lain (Seperti tes darah, tes alergi, X-Ray, Rontgen, dll). Apabila keluhan yang dirasakan semakin sering terjadi dan terjadi rasa ingin pingsan, segera konsultasikan ke dokter atau dokter spesialis saraf untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Beberapa hal yang dapat anda lakukan antara lain:
    • Istirahat cukup
    • Konsumsi makanan yang sehat dan begizi
    • Jangan langsung berdiri setelah bangun (usahakan untuk duduk dulu selama 30 - 60 detik)
    • Perbanyak minum air
    • Hindari minum kafein seperti teh, kopi, dan soda
    • Kelola stres
    • Olahraga rutin
    Semoga membantu, dr. Theresia