Tanya Dokter

  • tiap malam pusing seperti ditarik

  • Dok, saya meri usia 20th. Kenapa ya kepala saya pusing seperti ditarik kepala tiap malam. Serta tangan tiba - tiba kram sampai sakit sekali .

    Hai,   Keluhan sakit kepala bisa dirasakan seperti rasa ditarik, berdenyut kuat, seperti diikat dan terasa berat. Sakit kepala juga bisa dirasakan setiap hari tanpa sebab yang jelas. Karena penyebab sakit kepala yang sangat banyak dan beragam ditambah keluhan Anda selalu kambuh setiap malam, maka untuk mengetahui penyebab keluhan Anda sangat diperlukan adanya pemeriksaan fisik dan tes medis terkait ( tes darah, CT SCAN dll) oleh dokter. Dengan mengetahui penyebabnya maka penanganan bisa diberikan seoptimal mungkin. Berikut adalah topik yang bisa Anda baca mengenai sakit kepala :

    Untuk mengurangi rasa sakit epala Anda bisa melakukan massage / relaksasi, istirahat cukup, makan makanan dengan gizi seimbang ,hindari stress dan minum obat pereda nyeri seperti paracetamol. Tangan yang tiba tiba kram memerlukan pemeriksaan yang lebih mendalam oleh dokter. Pemeriksaan fisik dan tes medis ( CT SCAN, MRI, X-Ray) mengenai organ yang terkait akan diperlukan untuk menentukan penyebab dan memberikan penanganan yang sesuai. Adapun beberapa penyebab tangan kram adalah :
    1. Rhematoid artritis.
    2. Osteoartritis.
    3. Infeksi pada daerah tangan.
    4. Gout.
    5. Iritasi saraf terkait .
    6. Diabetes.
    7. Gangguan saraf.
    8. Trauma / tekanan berlebih.
    9. Defisiensi kalsium.
    10. dll.
    Untuk mengurangi gejala kram Anda dapat melakukan cara seperti :
    1. Kompres hangat di bagian yang kram
    2. Massage bagian tangan yang sering kram.
    3. lakukan olahraga ringan, relaksasi dll.
    4. Hindari mengangkat barang berat pada tangan yang sering kram
    5. Konsumsi vitamin B dan kalsium.
    Baca topik mengenai kram pada tangan. Semoga membantu.   dr. Yusi