Tanya Dokter

  • Kelenjar getah bening dan pusing berkepanjangan

  •  Nana Wae
    Anggota

    Malam dok saya mau tanya . saya punya kelenjar getah bening . kalau kelenjar itu membesar / benjolan itu tumbuh kepala saya pusing banget . dan kalau tiduran lalu bangun pusing skali dok Apakah kelenjar getah bening itu berpengaruh pada pusing dok? dan apakah penyebab pusing itu?

    Halo Nana, Kelenjar getah bening merupakan kelenjar yang berperan terhadap ketahanan tubuh. Jika ada infeksi atau radang, maka kelenjar getah bening dapat membesar. Kelenjar getah bening dapat berlokasi di belakang telinga, bawah dagu, di sisi leher bawah dan lipat paha. Pada keadaan penyakit autoimun dan keganasan, kelenjar getah bening juga dapat membesar. Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening, diantaranya:

    Infeksi-infeksi tersebut dapat dapat disertai gejala pusing juga, terutama jika disertai dengan demam. Gejala pusing beragam, diantaranya limbung, hilang keseimbangan, dan sensasi berputar di sekeliling(vertigo). Perubahan posisi tubuh secara mendadak, misalnya dari berbaring ke berdiri atau dari membungkuk ke berdiri dapat memicu timbulnya pusing. Anda dapat bangun secara perlahan-lahan untuk menghindarinya terjadi pusing tersebut. Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter mengenai keluhan Anda jika gejala pembengkakan getah bening masih ada disertai pusing. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan tes darah, foto rontgen jika diperlukan. Obat yang diberikan untuk pembengkakan kelenjar getah bening tersebut umumnya adalah antibotik, kecuali jika penyebabnya bukan infeksi. Artikel ini dapat membantu: Pembengkakan kelenjar getah bening Pusing Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar