Tanya Dokter

  • Pusing dan mual setelah diambil darah

  •  Rita K. Djung
    Anggota
    Halo Dokter, Saya baru habis diambil darah untuk tes darah. Pengambilan darah nya berlangsung cepat dan tidak menyakitkan. Tapi tidak lama setelah itu kepala saya terasa pusing, dan kehilangan fokus, juga mual dan lemas tapi tidak pingsan. Saya memang memiliki riwayat pingsan setelah disuntik vaksin pada waktu sekolah yang terjadi 2 kali, tetapi pada saat pengambilan darah tersebut saya sama sekali tidak takut dan sangat rileks. Hasil tes darah semuanya normal (hemoglobin dan tensi juga normal). Apakah kondisi seperti itu normal? Jika tidak, apakah yang menyebabkan pusing dan mual setelah diambil darah?
    Rita K. Djung  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Rita,

    Timbulnya sensasi pusing, kehilangan fokus yang disertai mual saat berhadapan dengan kondisi tertentu dan tidak ditemukan kelainan fisik apapun dapat jadi berkaitan dengan kondisi psikologis seperti serangan panik ataupun fobia, terlebih Anda memiliki riwayat pingsan ketika disuntik dahulu.

    Bila memang kondisi tersebut berkaitan dengan faktor psikologis maka kondisi tersebut walaupun bukan kondisi yang normal umumnya tidaklah berbahaya. Anda sebaiknya menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan keluhan tersebut dikemudian hari dan informasikan mengenai hal ini kepada orang disekitar Anda ataupun tenaga medis yang menangani Anda agar mereka dapat segera membantu Anda bila timbul keluhan.

    Selain kondisi psikologis keluhan tersebut juga dapat terjadi bila Anda sedang dalam keadaan tidak sehat. Bila keluhan ini membuat Anda khawatir maka sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda kedokter untuk memastikan penyebab keluhan Anda dan mendapat penanganan yang sesuai dengan kondisi yang mendasarinya.

    Berikut adalah artikel terkait pertanyaan Anda :

    Fobia - Gangguan Cemas

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono