Tanya Dokter

  • Pusing di bagian alis kiri

  • Dok , kenapa ya saya merasa pus dibagian alis sebelah kiri dekat hidung ???

    Halo, Sakit kepala dibagian wajah, kemungkinan dapat disebabkan karena cluster headache, atau sinusitis. Cluster headache, merupakan sakit kepala primer, yang penyebabnya diduga disebabkan oleh gangguan pada sistem neurovaskuler. Cluster headache melibatkan serangkaian sakit kepala, yang biasanya berakhir dalam beberapa minggu. Ciri-ciri Cluster Headache adalah sebagai berikut:

    • Sakit kepala berat atau sangat berat, biasanya pada satu sisi (bagian mata, diatas mata, atau dibagian samping kepala) yang berakhir dalam waktu 15 menit-3 jam dan terjadi setiap hari hingga 8 kali/hari.
    • Serangan dapat disertai dengan keluarnya air mata, hidung tersumbat, cairan dari lubang hidung, berkeringat pada dahi dan wajah, atau bengkak pada kelopak mata.
    Sinusitis, merupakan radang pada rongga disekitar hidung yang berada disekitar wajah. Dalam keadaan normal, rongga-rongga tersebut berisi udara. Ketika terjadi infeksi atau peradangan pada hidung, seringkali infeksi atau peradangan tersebut turut menyebar ke rongga-rongga disekitar hidung. Selanjutnya rongga tersebut akan terisi oleh cairan radang yang mengental. Kumpulan cairan ini yang akan menyebabkan rasa tersumbat, penuh, dan nyeri didaerah wajah sesuai dengan lokasi rongga. Didaerah sekitar hidung dan alis terletak salah satu sinus atau rongga tersebut. Pengobatan sinusitis Untuk dapat mengetahui penyebab pasti sakit kepala yang Anda rasakan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dan menambahkan pemeriksaan penunjang jika diperlukan, misalnya foto sinus paranasal. Setelah mengetahui penyebab, barulah dokter dapat menentukan terapi yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Untuk mengurangi sakit kepala, Anda dapat beristirahat yang cukup dan minum obat pereda sakit kepala seperti paracetamol atau ibuprofen. Kunjungi dokter apabila sakit kepala tidak berkurang, atau semakin memberat. Pengobatan sakit kepala Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. dr. Agatha