Tanya Dokter

  • pusing, nyeri tulang belakang dan mata sakit

  • selamat sore dok,

    saya mau nanya, saya sering mengalami sakit kepala yang hebat yang muncul secara tiba-tiba disertai dengan sakit tulang belakang yang tak tertahankan dan kemudian mata terasa sakit saat melihat, itu merupakan gejala penyakit apa ya dok? apakah ada cara untuk mengobatinya?

     

    Hai, Sakit kepala seringkali timbul beserta gejala lain yang menyertainya. Berikut merupakan penyebab dari sakit kepala yang timbul disertai dengan adanya rasa sakit pada mata :

    1. sakit kepala tegang / tension type headache - nyeri kepala menyeluruh seperti diikat, otot leher terasa tegang, terasa tekanan di belakang bola mata
    2. sakit kepala cluster - nyeri kepala hebat hilang timbul, kadang di satu sisi kepala, terus menerus hilang timbul dalam jangka waktu lama sebelum reda
    3. migrain - sakit kepala berdenyut pada satu sisi kepala, sering disertai sensitif terhadap cahaya
    4. glaukoma sudut terbuka - akibat tekanan tinggi pada bola mata, dapat disertai mata merah dan gangguan penglihatan
    5. mata lelah
    6. dan lainnya
    Sementara itu, nyeri yang timbul pada tulang belakang dapat disebabkan oleh berbagai sebab. Salah satu yang membedakannya adalah di segmen / bagian sebelah mana letak nyeri tersebut. Tulang belakang manusia membentang dari mulai belakang kepala, leher, punggung, hingga pinggul. Untuk menentukan apa yang menjadi penyebab dari keluhan yang Anda alami sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Dokter akan menanyakan lebih lengkap mengenai riwayat keluhan yang Anda alami, melakukan pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan seperti pemeriksaan tekanan bola mata, CT scan dan MRI. Pengobatan untuk keluhan tersebut haruslah disesuaikan dengan apa yang menjadi penyebabnya. Berikut merupakan beberapa hal sedehana yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi keluhan :
    • tidur dengan pola yang teratur
    • hindari konsumsi alkohol
    • jangan beraktivitas terlalu lama dibawah sinar matahari langsung
    • lakukan olahraga relaksasi seperti yoga
    • jangan menatap layar komputer / gadget terlalu lama
    • konsumsi pereda rasa nyeri seperti parasetamol
    Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari