Tanya Dokter

  • pusing dan leher terasa kaku yang kambuh

  •  Dara Manis
    Anggota

    Selamat soreh dok,, dok akhir2 ini skitar 6 bulan ini sy sering mengalim pusing kepala berat pada bagian belakang kepala saya sampai leher berasa kaku, datangx pusing tidak setiap hri, kadang sebulan sekali datangnya, di bwa tidur a istirahat kepalanya smkin sakit, tp stelah di paksa u tidur bisa tidur dan bngun dengan keadaan kepala udh tidak pusing lg, itupun sy coba dngan minum air gula tkutx krn kurang darah atau kecapean, tp stelah itu sebulan kemudian datang lg pusing dasyat yg sm,, itu setiap bulan pasti berulang2 dan sakitx seperti yg awal2.

    Hai, Berdasarkan penyebabnya, sakit kepala dibagi menjadi sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala sekunder disebabkan karena penyakit lain seperti gangguan mata, gangguan telinga, sakit gigi, sinusitis, trauma, tumor, ataupun kanker. Sakit Kepala Primer :

    1. Sakit Kepala tegang, seperti rasa terikat bisa pada seluruh kepala yang menyebar ke leher sampai ke bahu. Dapat terjadi 30 menit sampai beberapa jam. Biasanya disebabkan karena melewatkan waktu makan, kelelahan, stres, atau tegang otot,kurang cairan.
    2. Sakit Kepala cluster. Rasa sakit kepala yang luar biasa yang menyebar ke salah satu area mata bahakan bisa membuat mata merah atau berair
    3. Migrain, merasa seperti kedutan pada salah satu atau kedua sisi. kadang tidak tahan terhadap cahaya, atau suara bising.
    Kontrol ke dokter agar dapat mengetahui jenis sakit kepala dan penyebab pastinya. Penanganan yang tepat disesuaikan dengan penyebab pasti sakit kepala. Sakit Kepala yang perlu diwaspadai adalah :
    1. Sakit kepala yang mendadak dan luar biasa
    2. Sakit kepala yang semakin sering frekuensinya dan semakin memberat
    3. Sakit kepala yang tidak sembuh dengan obat-obat pereda nyeri
    4. Sakit kepala yang disertai demam tinggi, gangguan penglihatat, ketidakmampuan anggota gerak, tidak bisa menelan, tidak bisa berbicara, leher tegang,rasa kebas atau pingsan
    Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi sakit kepala :
    1. Istirahat yang cukup
    2. Santai (hindari atau kurangi stres)
    3. Olah raga
    4. Cukup asupan makanan
    5. Cukup konsumsi air putih
    6. Hindari kafein/alkohol/rokok
    7. Dapat mengkonsumsi pereda nyeri seperti paracetamol
    Artikel tentang sakit kepala dapat dibaca disini Salam, dr. Agnes Maureen