Tanya Dokter

  • mual setelah makan disertai kepala pusing

  •  Willy Kei
    Anggota

    Selamat malam dokter, saya Willy ingin bertanya mengenai kondisi yang saya alami.

    Sekitar jam 19:00, saya makan dengan lauk dan sayur dalam porsi sedang, dan mengalami sedikit mual setelah makan. Beberapa jam yang lalu sekitar jam 20:00, saya merasakan pusing melayang tiba-tiba, keadaan sekitar seperti gempa, tapi setelah memejamkan mata beberapa saat perasaan itu hilang. Selain itu kepala bagian belakang dan leher rasanya sakit dan pegal.

    Sebelumnya saya sering sekali mengalami jantung berdenyut cepat tiba-tiba, keringat dingin, pusing, mual, telinga berdenging, dan pandangan kabur yang hanya berlangsung beberapa detik/menit, namun akan hilang setelah saya jongkok atau mengganti posisi dan memejamkan mata (ini kerap terjadi ketika saya beraktifitas, berjalan, melompat, atau berganti posisi dari jongkok/duduk ke berdiri).

    Aktifitas sehari-hari adalah sebagai mahasiswa Informatika. Saya hanya mengikuti kelas dan bekerja di depan komputer (monitor LED) dan laptop. Dengan porsi kuliah sekitar 2-5 jam per hari selama 5 hari dalam seminggu, 10-14 jam saya gunakan untuk mengerjakan tugas, belajar, maupun bermain menggunakan laptop, sisanya 5-8 jam saya gunakan untuk istirahat dan tidur. Saya selalu berjalan kaki dari kost ke kampus kira-kira jaraknya 1 Km (2 Km jalan pulang pergi), saya rasa tidak ada pekerjaan berat yang saya lakukan setiap harinya.

    Dengan kondisi yang saya sebutkan di atas, apakah saya hanya mengalami kecapean atau penyakit tertentu?

    Terima kasih.

    Willy Kei  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Willy, Pusing merupakan gejala yang menimbulkan efek atau sensasi limbung, tidak seimbang, sekeliling terasa berputar ataupun rasa ingin pingsan. Pusing dapat disebabkan oleh beberapa penyebab diantaranya:

    • Sensasi seperti limbung atau kehilangan keseimbangan disebabkan oleh gangguan keseimbangan, vertigo ataupun gangguan pada otak yang mengatur keseimbangan
    • Rasa seperti mau pingsan dapat disebabkan tekanan darah yang mendadak turun ataupun akibat pasukan darah ke otak kurang baik
    Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi pusing diantaranya:
    • Hindari gerakan kepala yang tiba-tiba, seperti berbaring lalu berdiri atau sebaliknya
    • Hindari merokok, minum-minuman berkafein ataupun minuman beralkohol
    • Perbanyak asupan cairan dan perbaik pola makan jika sering tidak teratur
    • Segera duduk atau berbaring jika akan merasa pingsan ataupun kehilangan kesimbangan
    Periksakan pada dokter jika keluhan tidak membaik ataupun semakin sering timbul. Anda juga bisa membaca artikel lain mengenai hipotensi ortostatik. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.