Tanya Dokter

  • Penyebab pusing, mual dan perut kembung

  • DOK BEBERAPA HARI BELAKANG INI SAYA MERASA KAN PUSING DAN MUAL SERTA PERUT KEMBUNG ,DAN DUA HARI YG KAMRIN SAYA MUNTAH MUNTAH , SETELAH MUNTAH BADAN SAYA AGAK ENAK YA DOK ? 

    Hai,

    Pusing, mual, kembung dan tak enak badan kemungkinan menandakan gejala pra-infeksi / gejala prodromal. Gejala ini biasanya mencakup sakit kepala / pusing, mual, lemas, tak enak badan, nyeri otot/tulang/sendi dan demam. Infeksi penyebabnya dapat sangat bervariasi, mulai dari yang ringan seperti batuk-pilek, sampai yang relatif berat seperti demam berdarah. Gejala demikian akan hilang jika infeksi penyebabnya sudah sembuh.

    Muntah-muntah selain karena faktor infeksi, juga bisa diakibatkan masalah saluran cerna seperti sakit maag, penyakit empedu, pankreas, hati, radang usus buntu sampai masalah organ dalam seperti gagal ginjal, kelainan fungsi hati dan perubahan hormonal (mis. kehamilan pada perempuan).

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Penyakit Dalam (Sp. PD). Mungkin diperlukan pemeriksaan darah, foto Roentgen atau USG untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Sementara waktu, Anda sebaiknya menghindari makanan pedas, asam, terlalu berminyak, kopi, soda dan alkohol. Hindari stres dan kelelahan fisik. Kompres hangat perut dapat membantu meredakan kembung. Sajikanlah minuman / makanan dalam keadaan hangat.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma