Tanya Dokter

  • Penyebab pusing, mual, muntah dan keringat dingin

  •  qhania
    Anggota

    pagi dok, saya nia umur 25thn saya sering sekali ketika bangun tidur dan saya bangun kepala saya pusing dan ruangan terasa berputar dan ketika saya paksakan bangun saya muntah dok, apakah itu penyakit vertigo ?

    saya sudah periksa ke klinik dan menjelaskan gejala gejala yang saya alami tapi dokter bilang saya sakit anemia dan asam lambung dok tensi darah saya 80/60.

    ini sudah terjadi beberapa tahun ketika saya periksa, dokter selalu bilang saya anemia dan asam lambung, seinget saya dulu almh ibu saya pernah bilang saya pernah jatuh dari ketinggian dan kepala belakang saya terbentur dan saya muntah muntah tapi sampai sekarang saya belum scan dok dan saya belum cek darah dok, menurut dokter saya menderita sakit apa ya dok?

    Hallo Qhania

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter,

    Vertigo merupakan suatu gejala yang dirasakan dengan adanya sensasi diri sendiri atau sekeliling terasa berputar yang terjadi secara tiba-tiba. Serangannya dapat bersifat sementara ataupun bersifat lama dan menentap. Gejala yang ditimbulkan pada vertigo adalah adanya gangguan keseimbangan akan memicu pengidap vertigo mengalami kesulitan berdiri atau berjalan, mual, muntah, berkeringat, kadang disertai nistagmus (gerakan mata yang tidak normal) dan pusing. Sementara penyebab umum lainnya meliputi:

    • Vertigo Posisi Paroksismal Jinak atau istilah umumnya Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BBPV) – vertigo yang dipicu oleh perubahan posisi kepala tertentu.
    • Migrain – sakit kepala tidak tertahankan.
    • Penyakit Meniere – gangguan yang menyerang telinga bagian dalam.
    • Vestibular neuronitis, yaitu inflamasi saraf vestibular pada telinga bagian dalam.
    • Gangguan pada otak, misalnya tumor.
    • Obat-obatan tertentu yang menyebabkan kerusakan telinga.
    • Trauma atau luka di kepala dan leher.
    • dan lainnya.

    Selain karena vertigo tensi anda yang rendah atau hipotensi juga dapat menyebabkan adanya sesansi pusing ngeliyeng dan mual. Anemia memang memiliki gejala yang serupa ada dapat memeriksakan laboratorium hemoglobin atau HB anda untuk mengetahui kadarnya. Ditambah jika anda memiliki gejala asam lambung dapat membuat mual dan pusing semakin parah dan memang anemia, asam lambung dapat berperan dalam pusing dan mual. Jika keadaan tidak berkurang sebaiknya anda memeriksakan sakit kepala anda atau pusing anda kepada dokter spesialis saraf, jika di butuhkan pemeriksaan penjuang seperti ct scan dan laboratorium dokter akan memeberikan pengantar untuk dilakukannnya pemeriksaan lanjutan. 

    Semoga bermanfaat dan membantu,

    dr. Uswatun