Tanya Dokter

  • kepala sering pusing yang hilang timbul

  •  Ri Chan
    Anggota

    Hai dok, disini sya mau nanya nih. Saya sering sekali pusing lalu hilang tiba-tiba dan juga muncul tiba-tiba gitu dok. memang sih saya ada anemia dan juga hipoglikemia, tapi saya kadang merasa aneh sendiri. Menurut dokter apa tidak apa pusing sering muncul tiba"  dan hilang tiba-tiba gtu ?? kepala saya terasa pengab sekali dok soalnya..

    Halo Ri......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa pusing sebanarnya setiap orang dapat mengalami sensai yang berbeda, diantaranya adalah : sensasi seperti mau pingsan, sensasi limbung atau kehilangan keseimbangan, sensasi sekeliling yang terasa berputar.

    Penyabab dari timbulnya pusing memang dapat disebabkan oleh karena anemia ataupun rendahnya kadar gula di dalam darah. Akan tetapi, selain dari kedua hal tersebut, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh karena : tekanan darah rendah, gangguan pada jantung, tumor otak, tekanan darah yang mendadak turun, stress psikologis, dehidrasi, dll.

    Sebenarnya kondisi pusing yang timbulnya terlalu sering dan sudah membuat Anda terganggu haruslah diketahui penyebab. Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara melakukan pola hidup sehat, yaitu : makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, kelola stress psikologis, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, STOP MEROKOK dan hindari minum minuman keras.

    Setelah dengan melakukan pola hidup sehat kondisi yang Anda alami terus saja dialami, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Neurologi agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa pemeriksaan yang diperlukan terkait masalah ini, yang meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, CT Scan kepala, dll. Sehingga penyebab pasti dari timbulnya keadaan yang Anda alami diketahui dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    PUSING

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati