Tanya Dokter

  • Penyebab pusing setelah makan mie instan

  • dok, kenapa ya? setiap habis makan mie instan kepala saya terasa pusing? setiap masak mie juga saya pakaikan telur rebus dok, apakah pusing yg saya rasakan ini ditimbulkan dari mie instan itu sendiri atau telur rebus nya ya dok?
    Enggar Prastyo  Demetria
    Anggota
    Kalau saya alergi dg zat kimia di mie instannya, mulai dari pengawet smp MSGnya. Tiap kali makan mie instan akan pusing, bahkan sampai mual muntah spt keracunan, bahkan pernah masuk UGD. Mungkin dihindari saja jika tau zat itu berbahaya utk dikonsumsi.

    Enggar yang baik,

    mie instan merupakan salah satu makanan yang cukup sering dikonsumsi masyarakat awam. Komposisi bahan dan bumbunya biasanya disesuaikan agar dapat diterima secara umum dan tidak menimbulkan masalah tertentu. Namun demikian ketika Anda merasa pusing bisa saja ada komposisi dari bumbu dan bahan yang terdapat pada mie instan tersebut yang tidak cocok bagi Anda. Selain itu seperti yang sudah diketahui bumbu yang digunakan pada mie instan memiliki kandungan garam yang cukup tinggi. Bagi mereka yang memiliki riwayat hipertensi, tentunya konsumsi garam yang tinggi dapat mempengaruhi tekanan darah menjadi lebih tinggi. Tekanan darah yang tinggi seringkali tidak efektif dalam fungsinya memastikan asupan oksigen ke jaringan. Oleh karenanya rasa pusing bisa timbul dengan naiknya tekanan darah tersebut.

    Bila memang konsumsi mie instan selalu akan menimbulkan rasa pusing, kami menyarankan Anda untuk menghentikan konsumsi mie instan yang memang sudah lama dikenal tidak baik bagi kesehatan. Namun demikian jika kondisi tak kunjung membaik jangan ragu memeriksakan diri ke dokter untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit lain yang mendasari keluhan Anda. Berikut kami lampirkan artikel mengenai bahaya mie instan. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief