Tanya Dokter

  • penyebab kepala terasa melayang

  • Siang Dok.... Salam sehat.... Izin bertanya dok..... Pada tanggal 18 Desember 2017, saya membeli alat Perapi gigi berbentuk slikon dengan Merk Alig Nment dengan harapan untuk bisa membantu merapikan gigi saya, pada tanggal 18 Des 2017 malam, saya memakai alat tersebut sesuai anjuran pemakaian 8 jam pada saat tidur untuk mendapatkan hasil yang baik, namun pada tanggal 19 Des 2017, saya mengalami Perasaan Kayak melayang layang seperti dalam perahu di laut, Pertanyaan saya dok.... 1.apakah ada gangguan saraf dari gusi/gigi saya ke otak sehingga mengakibatkan perasaan melayang seperti di laut? 2.Apakah ada solusi untuk mengatasi hal tersebut? Mengingat hal tersebut membuat saya tidak merasa nyaman Demikian pertanyaan saya atas saran dan masukan dokter saya sampaikan terimakasih, Salam Sehat...

    Terimakasih telah bertanya di alodokter.com

    Keluhan kepala terasa melayang yang anda alami bisa disebabkan oleh

    1. Hipotensi atau tekanan darah yang rendah

    2. Hipoglikemi Yaitu kadar gula darah yang rendah di tubuh

    3. Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh

    4. Cemas dan stres

    5. Kelelahan

    6. Migrain

    7. Vertigo

    8. Infeksi virus dan bakteri

    Keluhan yang anda alami saya rasa tidak ada hubungannya dengan alat perapi gigi tersebut. Selain itu, saya sarankan anda tidak lagi menggunakan alat tersebut karena tidak akan berefek banyak pada gigi anda, hanya akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan menyebabkan infeksi pada gusi. Satu satunya cara untuk merapikan gigi adalah dengan penggunaan kawat gigi.

    Jika keluhan anda ini berlanjut, saya sarankan untuk periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara seksama sehingga bisa dicari penyebabnya dan mendapat penanganan yang tepat. Bila perlu dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang berupa cek darah, CT Scan, dll.

    Saat ini beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi keluhan anda adalah

    1. Istirahat yg cukup, hindari begadang

    2. Hindari aktifitas fisik yang terlalu berat jika rasa melayang sedang kumat.

    3. Makan teratur, jika perlu dijadwal

    4. Cukupi kebutuhan cairan untuk mencegah dehidrasi

    5. Hindari stress.

    Semoga bermanfaat. dr Previyanti