Tanya Dokter

  • Pusing yang berkelanjutan akibat benturan dikepala

  • Bismillah .. Assalamu'alaikum .. mohon maaf mengganggu Thabiib, jadi begini .. ktika hr jum'at kmarin tgl 3 nov, ortu ana mengalami kecelakaan .., posisi menghantam bagiian kanan, dan ktika kejadian tsb, mrka tdk menyadarkan diri (pingsan) dan sadar ketika di rumah sakit brsm polisi, yg ingin ana tanya "mengapa sampai saat ini ayah ana masiih merasakan pusiing?dan telah ana lihat, bahwasanya Terdapat luka kecil di kepala, tp Alhamdulillah ayah tdk muntah stlh kjadian dan sampai sekarang .. apa yg harus ditindak lanjuti? Atau kah harus di scan? Atau yg lain?" Terimakasiih ats perhatiannya .. Wassalamu'alaikum ..

    Halo Nurul.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang dialami oleh ayah Anda kemungkinan mengarah ke yang disebut sebagai cedera kepala atau trauma kepala, kondisi dimana struktur kepala mengalami benturan dari luar dan berpotensi menimbulkan gangguan pada fungsi otak.

    Berdasarkan tingkat Keparahan, cedera kepala dibagi menjadi tiga, yaitu cedera kepala ringan, sedang, dan berat. Cedera kepala ringan dapat menyebabkan gangguan sementara pada fungsi otak.

    Cedera kepala ringan umumnya dapat menimbulkan gejala seperti merasa mual, pusing, linglung, atau kesulitan mengingat untuk beberapa saat. Penderita cedera kepala sedang dapat mengalami kondisi yang sama, namun dalam waktu yang lebih lama.

    Pada dasarnya, jika gejala gejala yang telah disebutkan diatas masih saja muncul lebih dari 24 jam, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut. Oleh karena itu kami menyarankan kepada Ayah Anda untuk menemui dokter spesialis penyakit saraf atau neurologi, jika rasa pusing masih saja dialami sampai saat ini.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang ayah Anda alami kemungkinan meliputi pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan CT scan kepala, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    CEDERA KEPALA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati