Tanya Dokter

  • Pengaruh konsumsi telur untuk pembentukan otot

  •  thanyarat
    Anggota

    selamat siang dokter,

    pacar saya ada mengikuti program gym, putih telur memang bagus untuk otot" 

    tapi pacar saya ibarat maniac telur dok

    dia tidak bisa makan putih telur nya saja karena sayang sama kuning telur nya juga hehe

    apakah boleh makan 1 butir langsung dok?

    thanyarat  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo thanyarat,

     

    Telur ayam merupakan salah satu dari sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan tubuh. Protein di dalam tubuh digunakan untuk pertumbuhan jaringan dan protein juga digunakan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak termasuk yang terjadi ketika melakukan olahraga untuk yang berat.

     

    Pada telur terdiri dari 2 yaitu, kuning telur dan putih telur. Keduanya memiliki beberapa perbedaan dari kandungan nutrisi di dalamnya. Putih telur memiliki kalori, protein dan juga tidak terkandung kolesterol di dalamnya tetapi pada kuning telur kalori, protein terdapat dalam jumlah yang lebih tinggi dan juga pada kuning telur terdapat kandungan kolesterol yang jauh lebih tinggi dibandingkan pada putih telur.

     

    Untuk pemograman pembentukan badan, sebaiknya hindari makanan yang berlemak seperti pada goreng-gorengan dan juga makanan seperti kuning telur. Putih telur lebih disarankan dibandingkan dengan kuning telur terutama pada kondisi hendak membentuk tubuh melalui program. Selain dari putih telur, beberapa makanan yang juga mengandung protein tinggi diantaranya dada ayam rebus, keju, susu, atau daging sapi.

     

    Selain itu, diharapkan juga untuk menghindari makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi seperti makanan dengan pemanis buatan, mengganti nasi putih dengan nasi merah dan mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah.

     

    Anda juga disarankan untuk melakukan olahraga dengan rutin setidaknya 3-5 kali dalam seminggu. Tidak merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol dan juga beristirahat dengan cukup.

     

    Berikut artikel tentang kiat untuk membentuk tubuh atletis.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi