Tanya Dokter

  • kenapa puting masih membengkak?

  • Dok saya mau tanya dong usia saya 17 taun, saya rasa saya terlambat menstruasi tapi memang jadwal menstruasi saya tidak tentu, puting payudara saya membengkak, saya takut saya hamil padahal saya gak pernah berbuat macem2 kayak gitu, dan hari ini alhamdulillah saya menstruasi tp kenapa ya puting saya masih bengkak?

    Halo Tania, Kehamilan tidak akan terjadi tanpa pembuahan sel telur oleh sperma sehingga apabila Anda tidak pernah berhubungan intim dan sedang menstruasi, hal tersebut tidak mungkin terjadi.  Keterangan mengenai proses pembuahan dapat Anda baca pada artikel ini .   Siklus haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh gangguan hormon, aktivitas fisik berlebihan, stres berat, efek samping pemakaian obat tertentu (misalnya kontrasepsi), dan lain-lain. Sedangkan puting yang membengkak dapat saja disebabkan oleh perubahan hormon pada masa pubertas maupun pada saat menjelang menstruasi. Artikel mengenai menstruasi dapat Anda jumpai di bawah ini : Menstruasi Mewaspadai menstruasi yang tidak normal Langkah yang dapat Anda lakukan di rumah antara lain :

    • Memeriksa payudara sendiri dengan melakukan langkah-langkah yang tercantum pada artikel berikut ini : Pemeriksaan Payudara
    • Mengenakan pakaian dalam yang dapat menyangga payudara dengan baik dan tidak terlalu ketat
    • Menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga berat badan ideal, pemilihan makanan bernutrisi, membatasi konsumsi makanan tinggi lemak, olahraga yang teratur, dan membatasi konsumsi kafein.
    Apabila pada saat pemeriksaan payudara ditemukan benjolan, cairan yang keluar dari puting atau perubahan kulit sekitar payudara dan kelainan lainnya sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Jika memang puting bengkak tersebut dikarenakan perubahan hormonal menjelang menstruasi maka akan membaik dengan sendirinya setelah menstruasi berakhir tanpa memerlukan pengobatan khusus.   Semoga bermanfaat, dr.Debby Phanggestu