Tanya Dokter

  • Puting susu pendek

  • Dok bagaimana perbedaan teknik menyusui untuk ibu yang memiliki puting susu pendek?

    Hai Ririn Ibu dengan puting payudara pendek atau datar bukan berarti tidak sukses untuk menyusui terutama pada masa ASI ekslusif bayi, dimana pada usia bayi sampai 6 bulan cukup dengan pemberian ASI saja. Pada prinsipnya menyusui bukan dari puting melainkan dari areola payudara atau bagian hitam/merah dari payudara, oleh sebab itu puting yang pendek bukan suatu halangan. Anda tidak perlu menarik-narik puting karena akan menyebabkan nyeri atau luka yang justru menghambat menyusui. Berikut teknik yang dapat Anda lakukan:

    • Rangsang mulut bayi untuk terbuka dengan menyentuhkan jari Anda ke mulut atau hidung bayi, pada saat mulut bayi sudah mulai terbuka cepat-cepat arahkan mulutnya ke areola payudara Anda sampai sebagian besar areola tertutup oleh mulut bayi. Perlekatan inilah yang baik.
    • Pastikan dagu bayi menempel payudara ibu
    • Pastikan bibir bayi kearah luar atau monyong, bukan terlipat ke dalam, dan mulut bayi terbuka lebar.
    Bila Anda masih kesulitan, Anda dapat berkonsultasi pada konselor ASI di rumah sakit terdekat. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mengapa memilih menyusui? Jangan lupa merawat payudara ketika menyusui. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william