Tanya Dokter

  • Penyebab puting terasa nyeri saat terkena air

  •  zea nugroho
    Anggota
    saya 24th, 1bulan ini saya merasa puting saya nyeri tetapi tidak ada luka sm sekali ataupun benjolan, puting juga tidak berwarna merah, rasanya seperti saat menyusui jika terkena air seperti tersengat listrik, badan saya tidak panas normal saja, terkadang nyerinya hilang lalu muncul lg buat saya tidak nyaman pd payudara kanan saya dan sedikit waswas. apakah itu termasuk kanker payudara dok ?

    Hallo Zea

    Terlebih dahulu apakah Anda saat ini sedang menyusui bayi atau tidak, jika sedang menyusui maka kemungkinan rasa nyeri pada payudara terjadi akibat peradangan payudara atau mastitis. Namun jika Anda tidak sedang menyusui bayi maka kemungkinan yang terjadi adalah

    • Keseimbangan hormon yang dipengaruhi oleh siklus menstruasi
    • Efek samping obat, seperti obat anti jamur atau obat anti cemas dan obat anti depresi
    • Keseimbangan asam lemak tubuh yang mempengaruhi sensitivitas dari payudara, bisa juga mempengaruhi sirkulasi hormon.
    • Abses, yaitu terbentuknya kumpulan nanah dibawah permukaan kulit
    • Trauma, bisa akibat gesekan dengan bra, atau bisa juga karena mengalami penekanan atau terbentur.


    Pertimbangan pada kanker payudara bisanya ditandai dengan adanya benjolan yang teraba atau permukaan kulit yang nampak lebih tebal, bahkan keluar cairan puting meskipun tidak sedang masa-masa menyusi. Namun adanya gejala tersebut belum tentu pasti adalah kanker payudara, maka itu Zea diharapkan tetap memeriksakan diri secara langsung ke dokter yaa, supaya bisa dilakukan evaluasi lebih lanjut terkait kondisi yang Anda alami.

    Saran untuk Anda adalah melakukan deteksi adanya kelainan payudara dengan pemeriksaan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri), yaitu dengan meraba payudara didepan cermin, saat mandi atau saat berbaring. Untuk memantau ada tidaknya perubahan pada struktur payudara. Jika ada perubahan maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan jenis perubahan yang terjadi apakah suatu kanker atau kondisi medis lainnya. Sehingga bisa diberikan penanganan yang cepat sebelum berkembang menjadi lebih berat.

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold