Tanya Dokter

  • Luka dijilat anjing bisa menyebabkan rabies?

  •  natta
    Anggota

    Dok saya mau nanya, minggu ini saya di jilat anjing pada bagian ibujari kaki, di ibujari kaki saya ada bekas luka dari robekan kuku kaki saya, sangat kecil lukanya tapi perih, nah ibujari kaki saya sempat di jilat anjing, lalu saya segera cuci dengan air mengalir dan sabun, setelah itu saya beri obat betadine, apakah luka ini berpotensi rabies dok? Dari pnjelasan pemilik anjing, anjingnya sudah di vaksin rabies bahkan 2x dan anjing nya tidak keluar rumah, dari kelihatanya anjing itu lincah juga dok , mohon di jawab dok

    Halo,   Luka jilatan juga berpotensi rabies jika Anjing yang menjilat luka anda memiliki virus rabies. Rabies ditularkan melalui cairan saliva / liur anjing dan binatang pengerat lainnya seperti tikus, kucing, kelelawar, dll yang terinfeksi rabies. Namun jika Anjing yang menjilat Anda sudah divaksin rabies maka kemungkinan kecil sekali Anda terinfeksi rabies dari anjing tersebut. Anjing yang sudah divaksin rabies dianggap bebas dari virus rabies tersebut karena telah memiliki antibodi terhadap virus. Ditambah lagi gejala Anjing yang terinfeksi rabies biasanya agresif dan galak serta memiliki ciri khas seperti :

    1. ekor yang terlipat kedalam diantara kedua kaki.
    2. takut terhadap cahaya dan air
    3. Berliur banyak
    4. Mata merah
    5. Suka tempat gelap dan bersembunyi.
    Bersihkan luka Anda dan tutup luka agar tidak terjilat kembali, serta periksakan ke dokter atau berikan vaksinasi profilaksis rabies pada Anda jika Anda merasa khawatir akan terinfeksi rabies. Baca diskusi Rabies. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi.