Tanya Dokter

  • Gigitan kucing dan rabies

  • Halo dokter, tadi siang jari saya digigit kucing,terus meninggalkan bekas hanya satu titik,apa mungkin saya bisa terkena rabies?

    Halo Nurul, Langkah awal saat digigit kucing adalah segera mencuci area yang digigit dengan air mengalir atau dengan larutan povidon iodin untuk mengurangi risiko infeksi. Kemudian, Anda dapat berhati-hati terkena rabies jika kucing yang menggigit tersebut menunjukkan gejala-gejala sebagai berikut:

    • bertingkah agresif
    • mengeluarkan liur yang banyak
    • beberapa hari ke depan mati
    Selain itu, jika dijumpai pasien rabies di daerah Anda, maka Anda perlu lebih berhati-hati. Jika gejala di kucing tersebut seperti di atas, maka Anda dapat langsung pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan segera. Umumnya dokter akan memberikan suntikan imunoglobulin rabies untuk membantu menetralkan virus. Kemudian Anda akan mendapatkan vaksinasi rabies dalam 2 atau 5 dosis bergantung pada riwayat vaksinasi Anda sebelumnya. Segeralah ke dokter jika muncul salah satu gejala rabies berikut ini: Gejala rabies Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, sebaiknya Anda membawanya ke dokter hewan untuk divaksin rabies sebagai pencegahan penyakit. Artikel ini dapat membantu; Rabies Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar