Tanya Dokter

  • gejala rabies setelah digigit anjing

  •  Yeni Anasim
    Anggota

    Dok, sy sdh hampir setahun kena gigitan anjing kecil di tangan, beberapa bln kemarin saudara sy meninggal karena rabies. Dari situ sy kepikiran trus. Nah skrg sy demam, sulit bernafas, jantung sedikit berat dan sedikit cemas. Apakah itu gejala rabies dok?

    Halo Yeni, Artikel di bawah ini membahas rabies secara mendetail : Rabies Anjing yang mengidap rabies biasanya menunjukkan perilaku sebagai berikut :

    1. Tidak nafsu makan
    2. Perilaku agresif
    3. Mulut berbusa
    4. Rahang bawah turun
    5. Kelumpuhan otot
    dan lain-lain Gejala yang umumnya muncul pada penderita rabies antara lain :
    1. Nafsu makan menurun
    2. Mudah marah
    3. Sakit kepala
    4. Muntah
    5. Gelisah
    6. Demam tinggi
    7. Kelumpuhan otot
    8. Takut air (hidrofobia)
    dan lain lain Masa inkubasi rabies adalah sekitar 2 -12 minggu (namun dapat saja lebih cepat/lambat dari perkiraan tersebut). Oleh karena masa inkubasi yang Anda alami berlangsung hampir setahun maka kecil kemungkinannya hal tersebut disebabkan oleh rabies namun tidak ada salahnya diperiksakan ke dokter agar diketahui apakah keluhan yang Anda alami disebabkan oleh rabies atau bukan terutama apabila Anda digigit oleh anjing yang sama dengan yang menggigit saudara Anda. Selain disebabkan oleh rabies, keluhan yang Anda rasakan dapat saja disebabkan oleh infeksi virus/bakteri, gangguan kecemasan, dan lain-lain. Info lengkap mengenai demam dapat dibaca di sini . Untuk menegakkan diagnosis rabies tidak cukup hanya dari melihat gejala yang muncul saja melainkan diperlukan juga analisis lebih mendalam mengenai keluhan tersebut, riwayat perjalanan penyakit, pemeriksaan fisik dan didukung oleh tes laboratorium sehingga sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.   Semoga bermanfaat, dr.Debby Phanggestu