Tanya Dokter

  • Penanganan luka gigitan anjing

  •  dandelion
    Anggota

    Siang dokter.. Hari ini anak saya yg berumur 18bln tergores hingga berdarah di bagian telinga. Entah tergotes dg kuku atw gigi dr anak anjing saya yg saya beli bbrp hari lalu. Umurnya mungkin 2blnan. Belum saya vaksin. Lalu saya bawa ke rs dan hanya di beri betadine saja. Dan saya disarankan untuk memotong kepala anak anjing saya dan mengirimnya ke rs lbh besar lg untuk di tes apakah rabies atau tidak. Menurut dokter saya mesti bagaimana? Apakah anak saya terkena rabies? Anak saya mendapat antibiotik apakah saya mesti memberikannya? Harus di habiskan kah? Mohon petunjuknya dok. Terimakasih.

    Hai Pertolongan yang utama pada gigitan atau cakaran hewan adalah mencuci luka dengan sabun dibawah air mengalir selama minimal 15 menit, setelah itu membersihkan dengan antiseptik seperti povidon iodine (betadine), dan membawaya ke dokter. Bila hanya tergores kuku atau lecet maka kemungkinan tergolong luka risiko rendah. Yang dimaksud luka risiko rendah adalah jilatan pada kulit, luka gigitan kecil pada sekitar tangan atau kaki, goresan atau cakaran. Bila anjing tersebut dapat ditangkap atau anjing peliharaan maka tidak perlu langsung dilakukan pemberian VAR (vaksin anti rabies). Diperlukan pengawasan pada anjing tersebut, bila mati dalam waktu 14 hari maka barulah diberikan VAR. Anjing peliharaan, sudah vaksinasi atau tidak menunjukan gejala rabies, sangat kecil untuk kemungkinan Anda tertular rabies. Beberapa gejala anjing rabies, antara lain:

    • Menggigit atau menyerang tanpa sebab, terlihat sangat agresif
    • Takut air
    • Lidah menjulur dan banyak liur
    • Ekor dijepit diantara kedua kaki
    • Mata kemerahan
    • Akan mati setelah menggigit dalam waktu sekitar 14 hari.
    Diagram penanganan rabies dapat Anda lihat pada gambar berikut: Diskusi dan informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Rabies. Vaksin rabies setelah digigit anjing. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william