Tanya Dokter

  • tidak suntik setelah digigit anjing

  • Pagi dok

    Empat hari kemaren saya digigit anjing yg baru beranak...tepat nya gigitan y berada di bitis .......setelah itu saya buat bethadine dok....dan kemudian saya kw bidan....bekas gigitan dicuci.....tp saya tdk ATS dok( tdk diauntik)bidan hanya kasi obat untuk saya komsumsi dok.........bagaimana solusi nya......saya takut kena rabies dok

    Hai, Jika digigit oleh seekor anjing, hal pertama yang harus kita perhatikan adalah apakah anjing tersebut menderita rabies. Anjing yang menderita rabies biasanya menunjukan gejala sebagai berikut :

    1. pada tahap awal anjing menjadi sangat jinak sehingga terlihat tidak wajar dan tidak mau makan
    2. menyalak terus menerus
    3. sangat agresif hingga menyerang apa saja
    4. air liur berlebihan
    5. ekor ditekuk diantara kedua kaki
    6. kejang-kejang dan lumpuh
    Apabila anjing yang menggigit Anda dicurigai menderita rabies maka Anda wajib untuk menerima suntikan anti rabies yang terdiri dari 2 regimen yang diberikan melalui 2 suntikan :
    • immunoglobulin rabies (disuntikan maksimal hari ke 7 setelah gigitan)
    • vaksin rabies (disuntikan sebanyak 4 kali dalam rentang 2 minggu setelah digigit)
    ATS adalah anti tetanus serum, suntikan ini diberikan kepada orang yang berpotensi menderita tetanus, bukan rabies. Apabila terkena rabies, berikut adalah gejala-gejala awal yang biasanya muncul :
    1. sakit dan kesemutan pada daerah gigitan
    2. demam tinggi
    3. saki tenggorokan
    4. tubuh lelah
    5. tubuh terasa dingin
    6. muntah-muntah
    7. sakit kepala
    8. dan lainnya
    Sebaiknya temui dokter untuk pemeriksaan secara langsung, karena pemberian pengobatan kepada orang yang menderita rabies sebelum gejala muncul akan memberikan hasil yang jauh lebih baik dibandingkan dengan pengobatan yang baru diberikan setelah timbul gejala. Untuk membaca lebih lengkap mengenai rabies Anda dapat membuka halaman berikut : Rabies   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.  

    eduard r siburian  hardi pratama
    Anggota

    dok 6 tahun yang lalu dok saya digigit anjing dan sudah diberi vaksin. dan hari jumat kemarin saya digigit anjing dan sampai saat ini belum disuntik karena kata orang tua saya lihat dlu sampai anjingnya mati selama 10 hari kalau gak mati berarti anjingnya tidak rabies,,,, tapi saya mulai merasakan sakit pada kepala saya dan terasa nyeri di sendi2 saya. Bagaimana pendapat dokter mohon petunjuk.

    eduard r siburian  Dave Polii
    Anggota

    hardi pratama July 28, 2015 at 8:13 pm dok 6 tahun yang lalu dok saya digigit anjing dan sudah diberi vaksin. dan hari jumat kemarin saya digigit anjing dan sampai saat ini belum disuntik karena kata orang tua saya lihat dlu sampai anjingnya mati selama 10 hari kalau gak mati berarti anjingnya tidak rabies,,,, tapi saya mulai merasakan sakit pada kepala saya dan terasa nyeri di sendi2 saya. Bagaimana pendapat dokter mohon petunjuk.
     

    eduard r siburian  cyberblade
    Anggota

    Misi dok, Sekalian mw nanya.. Kmrin istri saya sdang hamil 6bulan lebih, digigit kucing tetangga ketika misahin mereka berantem.. Perlukah suntik vaksin anti rabies? Bahaya vaksin vaksin tersebut untuk ibu hamil?