Tanya Dokter

  • Penanganan untuk kaki yang digigit anjing

  • Halo dokter selamat malam... Saya ingin bercerita tentang adik saya. Sabtu kemarin adik saya pulang dari sekolah. Sampe dirumah tiba tiba adik saya di gigit anjing milik kami. Ada 4 bekas gigitan di kaki adik saya.. Dan saya hanya membawanya ke bidan untuk suntik tetanus. Dan tadi pagi anjing itu mati dokter. Jadi apa yang saya lakukan untuk langkah selanjutnya dokter.. Trimakasih sebelumnya..

    Halo Maslin.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu anda ketahui, secara umum risiko terbesar dari digigit anjing adalah terkenanya penyakit rabiyes. Habis sendiri merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang saraf dan otak.

    Penyakit ini merupakan penyakit yang mematikan dan resiko terjangkitnya rabies meningkat terutama jika anjing yang telah menggigit mati tanpa sebab yang jelas tak lama setelah anjing itu menggigit.

    Penting sekali untuk mengetahui apakah anjing tersebut sudah divaksin untuk rabies apa belum, dimana hal ini untuk menilai risiko yang akan terjadi. Vaksinasi rabies setelah gigitan anjing sangatlah penting diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit rabies.

    Oleh karena itu kami menyarankan segeralah untuk mengunjungi Rumah Sakit ( IGD ), Dan mendiskusikan masalah ini kepada dokter, agar dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    RABIES

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati