Tanya Dokter

  • seperti apa ciri-ciri rabies?

  •  latief
    Anggota

    selamat malam dok. dok keponakan saya awalnya seluruh badan nya gatal2, lama kelamaan dari titik gatal itu timbul cenang/seperti bisul kecil. terlebih pada tangan nya itu melepuh dok seperti kena minyak goreng panas. kata dokter puskesmas itu penyakit rabies, apa benar itu dok?

    Halo, Rabies merupakan penyakit infeksi yang pada umumnya diakibatkan oleh gigitan binatang liar seperti anjing, kucing, kera, yang air liurnya terdapat virus penyebab rabies. Gejala yang muncul pada penderita rabies adalah bertingkah laku agresif, demam tinggi, gelisah, mudah marah, dll. Jika keponakan Anda tidak pernah ada riwayat kontak dengan hewan liar, maka keponakan Anda tidak mungkin terkena rabies. Mungkin yang dimaksud oleh dokter adalah herpes. Herpes merupakan keluhan yang muncul pada kulit akibat reaktivasi virus varicella. Gejala yang khas adalah muncul lepuhan-lepuhan kecil yang berisi air pada permukaan kulit. Jika lepuhan ini pecah, akan meninggalkan bekas seperti ulkus atau sariawan di kulit. Seperti halnya infeksi akibat virus, maka keluhan ini akan sembuh dengan sendirinya. Hal-hal yang harus dilakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara memakan makanan yang bernutrisi dan juga cukup beristirahat. Sebaiknya Anda menanyakan kembali kepada dokter puskesmas apakah benar yang dimaksudkan adalah rabies ataukah herpes. Semoga membantu, dr. Tri

    latief  latief
    Anggota

    kalau memang penyakit yg di maksud itu herpes apa penyakit itu menular dok.? soalnya adik nya pun yang berumur 10 bulan sekarang banyak timbul bintik-bintik merah pada punggung, leher, perut dan telapak tangan.