Tanya Dokter

  • Apakah saya terkena rabies?

  •  hardi pratama
    Anggota

    dok saya mau konsul dong.6 tahun yang lalu dok saya digigit anjing dan sudah diberi vaksin. dan hari jumat kemarin saya digigit anjing dan sampai saat ini belum disuntik karena kata orang tua saya lihat dlu sampai anjingnya mati selama 10 hari kalau gak mati berarti anjingnya tidak rabies,,,, tapi saya mulai merasakan sakit pada kepala saya dan terasa nyeri di sendi2 saya. Bagaimana pendapat dokter mohon petunjuk.

    Hai 90% masa inkubasi virus rabies bila terinfeksi sampai terjadi gejala biasanya terjadi kurang dari 1 tahun, dan sangat jarang lebih dari 3 tahun. Bila Anda baru tergigit anjing kembali pada beberapa hari ini, penanganan utama dari gigitan rabies adalah dengan membersihkan luka dengan air mengalir dan sabun selama kurang lebih 15 menit. Bila memang digigit anjing yang berisiko tinggi rabies, untuk pencegahan diperlukan penyuntikan vaksin atau imunoglobulin rabies, serta menangkap anjing yang menggigit untuk diobservasi. Sebaiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan langsung pada luka gigitan tersebut apakah luka yang risiko tinggi atau rendah. Luka risiko tinggi adalah luka yang cukup dalam pada daerah wajah, bahu, leher, tangan, luka yang banyak. Sedangkan luka risiko rendah adalah jilatan pada luka, goresan, lecet atau luka kecil pada tangan dan kaki. Pada luka risiko tinggi diperlukan penanganan suntik antirabies. Informasi mengenai penyakit rabies dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Rabies. Semoga membantu ya. Terima kasih.

    hardi pratama  hardi pratama
    Anggota

    ini dok lluka lecil (lecet dok) dan meneluarkan darah dan pada hari itu bagian digigit mengalami keram (kesemutan) dok tangan kanan saya. Trus saya mengalami pusing dan terasa nyeri pada persendian tangan dan kaki saya dok.... mohon petunjuk dok...

    Hai Hardi Untuk memastikannya sebaiknya Anda memeriksakan langsung ke dokter. Untuk penanganan gigitan anjing atau berisiko rabies diperlukan penanganan dini dimana semakin lebih cepat hasilnya akan lebih baik. Terima kasih ya.