Tanya Dokter

  • Apakah rabun jauh bisa berkembang menjadi katarak?

  •  kristi
    Anggota

    Dok, saya penderita rabun jauh yang telah lama. Selama itu pun saya tidak memakai kacamata. Tapi saya rasa rabun saya makin parah. Mata kanan saya makin buram untuk melihat. Orang terdekat saya menyarankan saya untuk memakai kacamata dan itu membuat saya lebih takut lagi. Apa rabun jauh bila lama tidak ditangani dapat menyebabkan katarak, dok??

    Hai,   Jika kondisi mata Anda semakin buram untuk melihat jauh maka itu menadakan bahwa rabun jauh Anda semakin parah. Penanganan harus segera diberikan untuk mengurangi kondisi rabun Anda semakin memburuk. Pengobatan rabun jauh adalah dengan menggunakan :

    1. Kaca mata = kaca mata akan disesuaikan dengan kondisi rabun Anda dengan menggunakan alat/ tes snellen. Pada kasus rabun jauh <3 Dioptri maka kaca maat tidak perlu digunakan terus menerus.
    2. Softlens = Penggunaan softlens juga bisa Anda gunakan jika Anda malas menggunakan kaca mata yang berat.
    3. Operasi = metode lasik semakin digemari karena bisa memperbaiki kondisi rabun jauh dengan baik. Biasa dilakukan pada orang dengan kondisi rabun jauh yang cukup parah.
    Komplikasi dari rabun jauh adalah:
    1. Terjadinya ablasio retina = lepasnya retina dari dasarnya akibat rabun yang parah.
    2. Sering mengeluh sakit kepala.
    3. Bisa menimbulkan glukoma pada kasus rabun jauh yang parah.
    4. Kehilangan penglihatan.
    5. dll
    Baca bahasan Rabun jauh. Periksakan diri Anda ke dokter mata setiap tahun untuk memastikan kondisi mata Anda terutama apabila Anda memiliki kondisi rabun jauh / kondisi mata yang memerlukan penanganan lainnya. Banyak mengkonsumsi makanan dengan vitamin A, Mencegah kontak lama mata dengan sinar matahari dengan menggunakan kaca mata hitam anti UV bisa mengurangi resiko komplikasi dan perburukan pada mata Anda. Semoga membantu.   dr. Yusi

    kristi  kristi
    Anggota

    Iya, dok. Terima kasih atas infonya. Saya akan periksakan mata saya nanti dan rekomendasi dokter untuk penanganannya.

    kristi  Dedew Amora
    Anggota

    Maaf dok metode lasik berbahaya atw tidak