Tanya Dokter

  • Pengobatan radang kelenjar tanpa operasi

  •  Riva'i Mnoor
    Anggota

    Dok saya mau tanya kan saya beberapa hari merasa sakit ditelinga ketika saya periksa kedokter kata dokternya radang kelenjar dok dan saya disarankan untuk operasi dok,yg saya mau tanyakan apakah bisa sembuh dok jika saya tidak melakukan operasi dok?

    Hai Riva'i, Mengingat banyaknya kelenjar yang berada di sekitar telinga dan leher, sebaiknya diketahui terlebih dahulu kelenjar apa yang mengalami radang. Di sekitar leher dan telinga ada beberapa kelenjar seperti kelenjar getah bening, kelenjar air liut dan kelenjat tiroid. kelenjar getah bening berfungsi sebagai tempat sel darah putih yang penting, kelenjar tiroid berfungsi untuk menghasilkan kelenjar tiroid dan kelenjar air liur berfungsi untuk menghasilkan air liur. Saat kelenjar-kelenjar ini mengalami infeksi atau peradangan yang disebut dengan limfadenitis maka akan timbul berbagai gejala seperti pembengkakan dan rasa sakit pada kelenjar yang mengalami infeksi. Pengobatan radang kelenjar dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Radang kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh bakteri, virus, protozoa dan jamur. Radang kelenjar akan menyebabkan rasa sakit, bengkak, lunak dan kemerahan di sekitar kelenjar yang mengalami peradangan. Pembengkakan kelenjar getah bening yang tidak nyeri, lunak dan kemerahan dapat disebabkan oleh tuberkulosis atau limfoma. Pengobatan yang diberikan pada penderita radang kelenjar disesuaikan dengan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah infeksi bakteri maka diberikan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab. Dengan begitu radang akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika radang yang tejadi sampai menyebabkan adanya nanah maka harus dilakukan tindakan operasi. hal-hal yang dapat anda lakukan adalah:

    • Mengompres bagian yang mengalami peradangan dengan air dingin
    • Istirahat cukup minimal 8 jam dalam 1 hari
    • Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi yang baik
    • Mengurangi konsumsi penyedap
    • Konsumsi banyak air putih minimal 2 liter dalam satu hari atau 8-10 gelas dalam 1 hari
    Artikel di bawah ini mungkin membantu anda: Pembengkakan kelenjar getah bening Infeksi kelenjar Semoga membantu dr.Yosephine U L Simanungkalit