Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri pinggang dan perut kanan

  •  Nikyoo
    Anggota

    Dok,saya mengalami nyering dibagian punggung kiri dan kanan.kemudian nyeri perut bawah dihari trakhir menstruasi yg berlangsung 2 hari.tapi skrg saya juga mnderita hipertiroid,bulan april kemaren spertinya sya trkena gonore nmun skrg sdh tdak ada kluar nanah dan tdak sakit lgi saat kencing.dan sya tdak tau pasti apakah skrg gonorenya bnar" sembuh atau tdak krna tdak pnya biaya untuk priksa.apakah gjala yg sya rsakan skrg itu akibat radang panggul yg disebabkan gonore atau krena hipertiroid? Sya tdak ada demam,mual muntah dan gjala rdang panggul lainnya.mhon pnjladannya,trma kasih

    Salam,

    Adanya keluhan nyeri pada pinggang dan perut kanan kemungkinan dapat disebabkan salah satunya oleh radang panggul, namun hal ini bukan sesuatu yang pasti, karena perlu dilakukan pemeriksaan lengkap untuk memastikannya. Namun, bila Andasaat ini merasakan keputihan menyertai keluhan nyeri perut dan pinggang, adanya kemungkinan radang panggul perlu dipertimbangkan.

    Bila setelah Anda sembuh dari Gonore dan selanjutnya Anda melakukan hubungan seks beresiko kembali, maka hal ini juga dapat menjadi faktor resiko radang panggul.

    Beberapa kondisi lain di bawah ini juga dapat menyebabkan keluhan yang sama, seperti:
    1. infeksi saluran kencing

    2. batu ginjal/ batu saluran kencing

    3. infeksi penyakit seksual menular

    4. gangguan pencernaan, seperti usus buntu

    5. gangguan pada organ kewanitaan, seperti kista ovarium, atau miom

    6. gangguan tulang belakang

    Sebaiknya Anda berkonsultasi kembali ke dokter kandungan untuk pemeriksaan dan evalausi keluhan yang Anda rasakan, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang bila diperlukan, seperti USG.

    Bila Anda berat pada biaya, Anda dapat berkonsultasi menggunakan BPJS atau Kartu Indonesia Sehat dengan surat pengantar dari pejabat terkait.

    Bila kondisi ini tidak segera Anda konsulkan, adanya kemungkinan penyakit yang beresiko dapat mengganggu sistem reproduksi Anda.

    Yang perlu Anda lakukan adalah hindari hubungan seks beresiko dan olah raga teratur.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga radang-panggul.

    dr. Ulfi