Tanya Dokter

  • kaki tidak bisa ditekuk setelah operasi radang sendi

  •  ganesha
    Anggota
    Hallo dok . Saya ganesha , umur saya 21 thn . sekitar 2 minggu yang lalu saya operasi pada sendi saya untuk mengeluarkan cairan yang berada pada dengkul kaki saya. dokter orthopedi bilang saya terkena septic arthtritis . Tetapi setelah dioperasi kenapa kaki saya tidak bisa ditekuk ya dok ??? dan rasanya kaku urat dipaha . Jika saya terlalu lama berdiri juga nyeri sekali pada daerah paha dan daerah dengkul saya . Mohon penjelasannya dok . Terima kasih .

    Hai Ganesha. Kondisi yang anda alami dimana disebut dengan septic arthritis merupakan suatu kondisi adanya radang pada sendi dimana dapat disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun jamur yang berasal dari infeksi pada bagian tubuh lainnya. Kondisi ini menyebabkan adanya demam, lemas, keterbatasan gerak, nyeri pada perabaan, bengkak. Adanya mengidap penyakit infeksi tertentu seperti bakteri, virus, jamur disertai dengan kondisi yang melemahkan daya tahan seperti kanker, diabetes melitus, penggunaan obat melalui jarum suntik akan meningkatkan resiko terjadinya hal ini. 

    Pemeriksaan berupa pengambilan cairan sendi dapat membantu untuk menntukan diagnosa. Penanganannya secara umum dapat berupa pemberian antibiotik, penyedotan cairan sendi yang terinfeksi, serta dapat sampai operasi. Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi yang anda alami untuk informasi lebih lanjut. Mengenai kondisi anda sendiri, hal tersebut masih dapat berupa efek dari penyakit tersebut atau adanya kemungkinan lain seperti infeksi. Konsultasikan dengan dokter anda untuk memastikan hal tersebut mengingat jenis operasi juga dapat mempengaruhi penyembuhan.  Berikut mengenai septic arthritis. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam dr Alyssa