Tanya Dokter

  • Penanganan kaki bengkak akibat radang sendi

  • Selamat sore dok, saya riezka, dok saya punya kakak perempuan, sudah hampir 2 minggu ini pergelangan kakinya bengkak yg sebelumnya mungkin disebabkan karena keseleo setelah olahraga, terus periksa ke dokter katanya radang sendi, sudah 2x kontrol tidak ada perubahan dok, nah itu bagaimana ya dok ? Apakah ada kemungkinan diagnosisnya salah atay penanganan yg salah ? Dan sebaiknya bagaimana untuk perawatan dirumah untuk manajemen nyerinya ? Terima kasih dokter.

    Selamat sore Riezka. Terima kasih atas pertanyaan Anda.

    Bengkak dikaki dapat diakibatkan oleh banyak hal. Bengkak yang terjadi karena posisi statis dari kaki (oedem) dengan tipe pitting yang menunjukkan adanya penumpukan cairan namun tanpa disertai nyeri. Bila bengkak disertai nyeri pada bagian kaki terutama jari – jari kaki maka yang Anda alami dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain:

    1. Penyakit asam urat
    2. Mata ikan atau clavus
    3. Infeksi local
    4. Keseleo atau sprain
    5. Osteoarthritis 
    6. Rheumatoid atritis, dan sebagainya

    Keseleo merupakan cedera pada ligamen otot. Hal ini disebut juga dengan sprain. Ligamen sendiri adalah jaringan ikat yang menghubungkan antar tulang dan menyokong sendi. Akan tetapi jika cedera terjadi pada otonya, hal ini disebut dengan strain atau cedera renggang.

    Keseleo paling sering terjadi pada pergelangan kaki (ankle) namun dapat pula terjadi pada tangan. Keparahan keseleo dinilai dari keparahan cedera pada ligament dibagi menjadi :

    1.    Tingkat 1 : terjadi peregangan ringan pada ligament yang tidak berdampak pada kestabilan sendi

    2.    Tingkat 2 : robeknya sebagian ligament yang tidak atau sedikit berdampak kepada sendi

    3.    Tingkat 3 : keseleo yang parah dimana terjadi robekan total pada ligament dan sendi menjadi tidak stabil

     

    Oleh karena itu, untuk memastikan keluhan Anda maka saya menyarankan Anda memeriksakan diri Anda ke dokter atau dokter spesialis ortopedi sehingga dapat diketahui penyakit Anda. Dokter nanti akan menanyakan keluhan Anda, memeriksa Anda dan melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, kadar asam urat, LED, kadar rheumatoid faktor dan rontgen pada tangan Anda. 

    Cedera pada pergelangan tangan bila tidak tepat, dapat mengakibatkan kerusakan sendi. Penanganan yang tepat pada pasien dengan cedera pergelangan tangan dengan melakukan PRICE yang dilakukan dalam 48 – 72 jam yaitu :

    1.    P : Protect, yaitu melindungi area yang cedera agar cedera tidak bertambah berat (misalnya menggunakan brace/penyangga)

    2.    R : Rest, mengistirahatkan pergelangan kaki

    3.    I : Ice, mengompres dengan es / air dingin

    4.    C  : Compression, dengan balut tekan

    5.    E : Elevation, meninggikan kaki yang cedera

     

    Hal yang dihindari yaitu :

    ·     Heat, panas harus dihindari karena dapat meningkatkan aliran darah yang dapat menyebabkan memar bertambah

    ·  Alcohol, harus dihindari karena dapat meningkatkan peradangan dan memperlambat penyembuhan

    ·       Exercise, latihan ketika masih cedera dapat menyebabkan cedera lebih lanjut

    ·  Massage, pemijatan yang dilakukan segera setelah cedera dapat meningkatkan perdarahan dan pembengkakan. Akan tetapi pemijatan ringan boleh dilakukan 72 jam setelah cedera

     

    Semoga bermanfaat,

     

    dr. Dian