Tanya Dokter

  • radang tenggorokan hingga keluar gumpalan darah dan demam saat kelelahan

  •  rindaayubudi
    Anggota

    Dokter saya mau tanya, setiap terlalu lelah saya akan mudah terkena radang tenggorokan kemudian badan juga akan menjadi panas. Baru-baru ini saya mengalami hal serupa namun kali ini radang tenggorokan yang saya alami terasa lebih perih dan ketika pagi hari saya kaget karena saya mengeluarkan gumpalan darah yang awalnya saya kira itu cuma dahak. Yang ingin saya tanyakan apakah gumpalan darah tersebut mengindikasikan suatu penyakit atau hanya karena radang tenggorokan saja?

    Terima kasih

    Hai Rindaayubudi, Keluarnya gumpalan darah seperti yang Anda alami dapat saja disebabkan oleh radang tenggorokan yang terjadi. Radang tenggorokan memang dapat menyebabkan terjadinya iritasi ataupun perlukaan pada tenggorokan, sehingga memicu perdarahan. Hal ini umumnya merupakan kondisi yang tidak serius, dan seiring dengan sembuhnya radang maka perdarahan akan dapat teratasi. Namun demikian, dahak yang bercampur darah dapat pula disebabkan oleh kondisi medis yang lain seperti:

    Bila keluhan kembali berulang ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis THT agar penyebabnya dapat ditelusuri lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai kondisi tenggorokan Anda, dan menganjurkan tes penunjang jika diperlukan (seperti endoskopi dan sebagainya). untuk menganalisis penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai kondisi dasarnya. Untuk mengurangi timbulnya keluhan berikut ini anjuran bagi Anda:
    • Perbanyak konsumsi air putih untuk melembabkan tenggorokan
    • Hindari konsumsi makanan yang digoreng, makanan pedas, berlemak, asam, menimbulkan gas, atau terlalu panas/dingin
    • Konsumsi air hangat yang dicampur lemon dan madu dapat menyamankan tenggorokan
    • Berkumur dengan obat kumur antiseptik atau air garam hangat 2 kali sehari
    • Konsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh
    Informasi berikut ini dapat berguna: Sakit tenggorokan Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman