Tanya Dokter

  • Pengobatan alami radang amandel

  • Assalamu'alaikum selamat sore dok
    salam sejahterah semoga sehat selalu
    Sekitar pertengah 2016 lalu saya melakukan puasa senen kamis, pas cuaca siang itu sangat panas, badan juga lesu. Pas maghriban saya sedang di angkut, karena keburu kehausan saya minum, minuman kalengan dingin, keeseong harinya tenggorokan saya meradang , perih dan sakit.
    setelah radang tenggorokan sembuh, namu saya merasakan sesuatu ada yang mengganjal ditenggorokan saya, seperti ada pembengkakan, atau seperti ada yang menyangkut ditenggorokan saya dan itu saya rasakan hingga sekarang.
    Yang ingin saya tanyakan apa saya terkena penyakir radang amandel, terus apakah ada obat alami untuk menyembuhkan nya, soalnya saya juga pernah baca artikel bahwa air rebusan bawang merah mampu menyembuhkannya ?!
    ...
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas jawabannya. dan semoga dokter selalu sehat sejahtera.
    Terimakasih

    Halo Wawan.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang telah Anda utarakan memang dapat saja disebabkan oleh karena Peradangan pada Amandel atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai tonsilitis, di mana penyakit ini muncul oleh karena amandel atau tonsil terinfeksi virus maupun bakteri.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : penyempitan saluran pada tenggorokan, penyakit asam lambung, pembesaran kelenjar getah bening ke dalam, pembesaran tiroid, tumor, kanker.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara : minum air putih minimal 2 Liter perhari, kumur - kumur dengan cara tengadah menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam sebanyak empat kali sehari, stop merokok dan jangan minum minuman keras, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, jaga selalu kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi minimal dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur.

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara diatas kondisi yang Anda alami masih saja terjadi sampai dengan satu minggu ke depan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit THT ( telinga - hidung - tenggorokan ), sehingga akhirnya dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pastian yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati