Tanya Dokter

  • Radang tenggorokan tidak kunjung sembuh

  •  Gendriani
    Anggota

    Dear Dokter,

    Dok, suami saya (27 thn) sedang sakit radang tenggorokan. Untuk menelan air putih terasa sakit dan terdapat benjolan kecil di bagian lehernya sebelah kiri. Sudah ke klinik dan diberi antibiotik. Tetapi sudah hampir sebulan ini tidak kunjung sembuh. Benarkah yang diderita adalah radang tenggorokan? Bahayakah benjolan yang muncul di lehernya? Dan bagaimana cara mempercepat penyembuhannya?

    Terima kasih, Dokter.

    Halo,   Benjolan teraba di luar atau terlihat dari tenggorokan? apakah benjolan semakin membesar dengan cepat? Radang tenggorokan yang tidak membaik dengan terapi yang sudah diberikan dokter awal sebaiknya segera diperiksakan kembali. Normalnya radang ternggorokan akibat infeksi virus atau bakteri akan membaik seiring perbaikan imun tubuh dan pemberian antibiotik selama < 2 minggu. Jika > 2 minggu tidak diketemukan adanya perbaikan dari gejala atau justru gejala semakin bertambah parah maka sebaiknya pemeriksaan lanjutan dilakukan untuk memastikan apa penyebab radang tenggorokan dan benjolan yang Anda keluhkan. Benjolan pada leher bisa menandakan adanya indikasi medis seperti :

    1. Tumor baik jinak maupun ganas.
    2. Kista
    3. Abses
    4. Pembesaran KGB
    5. Demam kelenjar
    6. Infeksi mononukleosis
    7. Kanker Tenggorokan
    8. Metastasis kanker
    9. dll.
    Untuk memastikannya maka pemeriksaan fisik dan tes medis perlu dilakukan seperti tes darah, USG, CT SCAN dll. Dengan mengetahui penyebab dari keluhan Anda maka pengobatan yang tepat bisa diberikan. Untuk mengurangi radang tenggorokan Anda bisa melakukan :
    1. Banyak minum air putih, dingin diperbolehkan jika itu membantu mengurangi nyeri tenggorokan yang Anda rasakan.
    2. Hindari merokok dan asap rokok.
    3. Makan makanan lunak.
    4. Berkumur dengan air garam.
    5. Menghisap permen pelega ternggorokan.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Gendriani  Gendriani
    Anggota

    Dear Dokter, Benjolan teraba dari luar dok, dan ukuran tetap sejak pertama kali muncul. Jika ditekan terasa sakit. Apakah pemeriksaan tes darah saja cukup untuk mengetahui terkena kanker atau tidak dok? Atau harus pakai CT scan juga? Terima kasih dokter.