Tanya Dokter

  • menunda saran operasi lambung

  • Dok abg saya umurnya 29 tahun, sedang sakit, awalnya abg saya mual dan muntah terus selera makan nya hilang setiap mau makan pasti dimuntahin dan tersasa mual, dan perutnya agak terasa sakit, karena dipikir bapak saya dia kena maag, bapak saya belikan obat maag, tp tetap saja tidak ada reaksi sama sekali, abg saya tetap mengalami mual dan muntah, dan perutnya bertambah sakit, baru setelah besoknya, kami bawa abg saya ke dokter umum, dokter tersebut bilang, kalo abg saya kena sakit lambung, dokternya kasi resep obat, setelah diminum tetap saja tidak ada reaksi, sakit diperutnya jadi pindah ke sebelah kanan bawah, jadi abg saya tidak bisa buang air besar, tidak bisa buang angin, kalo berdiri terasa sakit sekali perutnya, perut nya kelihatan agak kembung dok jadi abg saya cuman bisa berbaring aja, tidak bisa bergerak, lalu karena kondisi nya makin parah, kami bawa ke RS, sampai di RS dirawat di hari 1 sudah agak mendingan, abg saya sudah bisa bergerak, perutnya gk begitu sakit, sudah bisa buang angin, dan buang air besar, dihari ke 2 dirumah sakit karna abg saya sudah agak mendingan kami berencana membawa pulang besoknya, karena kami tidak ada biaya cukup besar, dan abg saya jgk belum memiliki bpjs kesehatan, tp dari dokter rumah sakit ingin abg saya dirontgen dulu, kebetulan dokter yg menangani abg saya dokter bedah dok, setelah abg saya di rontgen, dan dokternya melihat hasil rontgen, dokternya bilang kalo lambung abg saya pecah dok, tp dia belum memastikan, untuk memastikan dokternya bilang harus operasi biar dilihat dulu, disini saya bingung dok, kok mau main operasi aja, kenapa tidak dipastikan dulu penyakitnya apa, dokternya bilang kalo tidak segera ditangani, bisa fatal dok, di hari yg ke 3, kami tetap membawa abg saya pulang, karna kami belum ada biaya dan ingin mengurus bpjs nya dulu, kira - kira dok itu penyakit apa, dan benar yg dikatakan dokter rumah sakit itu ? Kami sekarang sedang menunggu kartu bpjs nya bisa digunakan dulu kamis depan, sekarang abg saya kondisi nya lemah lagi, apa benar bisa fatal dok jika ditunggu sampai 6 hari lagi ? Terima kasih mohon bantuannya dok.

    Hello,   Untuk mengetahui penyebab keluhan abang Anda maka pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain akan diperlukan. Dokter yang merawatlah yang lebih paham kondisi Abang Anda dibandingkan hanya konsultasi semata. Mengetahui penyakit seseorang hanya berdasarkan perbincangan semata adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Untuk mengetahui sumber permasalahan penyebab keluhan abang Anda maka beberapa pemeriksaan mungkin diperlukan seperti :

    1. USG
    2. Tes darah
    3. Tes urine
    4. Rontgen
    5. CT SCAN
    6. Endoskopi
    7. dll
    Adapun kemungkinan penyebab dari keluhan Kakak Anda bisa berupa :
    1. Ulkus peptikum yang parah disertai gejala komplikasi
    2. Usus buntu yang meradang
    3. Radang usus
    4. Intususepsi
    5. Radang pankreas
    6. Gangguan ginjal
    7. dll
    Untuk menentukan manakah penyebab keluhan kakak Anda maka pemeriksaan diatas bisa mengetahuinya. Dengan demikian penanganan bisa diberikan secepat mungkin. Jika kondisi kakak Anda sangat lemah maka pengobatan terbaik adalah membawa kakak Anda segera berobat dan segera mendapatkan penanganan medis yang tepat agar tidak timbul komplikasi yang parah. Luka di lambung yang parah bisa menimbulkan komplikasi perforasi ( bocor ) pada lambung yang bersifat fatal dan mengancam nyawa. ( baca artikel sakit maag dan komplikasinya di SINI). Untuk mengetahui kondisi keparahan luka ini dokter bisa melakukan pemeriksaan endoskopi dengan melihat kondisi lambung menggunakan tube yang disertai kamera yang dimasukkan melalui mulut.   Semoga membantu.   dr. Yusi