Tanya Dokter

  • sakit perut bawah sebelah kanan

  • Malam dok.. dok, suami saya sudah kurang lebih 2 taun merasakan sakit dibagian perut kanan bawah. Sekitar sebulan yg lalu coba berobat ke dokter dan dokter menduga suami saya radang usus buntu kronis. Suami saya sudah melakukan usg, usus buntu tidak terlihat. Dicoba appendicogram pun usus buntunya tidak terlihat. Tapi kalau ditekan dibagian perut kanan bawah, terasa sakit, apalagi jika posisi tiduran miring ke kiri, perut kanan bawah di tekan, sakit sekali. Dokter blg ini usus buntu dan menyarankan untuk operasi. Tp kami masih merasa 50:50 krn dokter tidak 100% yakin itu usus buntu kalau dilihat dr usg dan appendicogram. Adakah cara lain untuk mengetahui bnr tidaknya usus buntu dok? Salah satu dokter di rs pernah mnyarankan utk ct scan, apakah bnr ct scan bs mendeteksi usus buntu? Dokter lain menyarakan endoskopi. Mohon sarannya ya dok. Terima kasih..

    Dear Ajeng, Sakit perut kanan bawah dapat disebabkan oleh:

    Radang usus buntu ada dua macam, radang usus buntu akut dan radang usus buntu kronis. Radang usus buntu akut penyebabnya adalah infeksi, sumbatan feses atau benda asing, atau kanker sedangkan radang usus buntu kronis penyebabnya diperkirakan merupakan sumbatan usus buntu sebagian dan atau berulang. Radang usus buntu kronis dapat berlangsung dalam hitungan minggu hingga tahun. Rasa sakit pada radang usus buntu kronis biasanya lebih ringan dibanding radang usus buntu akut. Sebaiknya suami Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan menganalisis gejala yang suami Anda alami dan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang seperti tes darah, USG, CT Scan dapat dokter anjurkan. Dokter akan memberikan terapi yang sesuai dengan diagnosis. Anjuran yang dapat suami Anda lakukan:
    • hindari menekan, memencet, mengurut bagian yang terasa sakit
    • minum air putih dalam jumlah cukup minimal 10 gelas setiap hari
    • manajemen stres dengan bijaksana
    • konsumsi makanan bersih dan bergizi seimbang secara teratur
    • miliki waktu yang cukup untuk beristirahat dan tidur yang berkualitas
    • konsumsi cukup serat yang terdapat pada sayur dan buah
    Artikel yang dapat Anda baca: Radang usus buntu kronis Semoga bermanfaat dan salam, dr. Rony Wijaya

    Sebelumnya terima kasih ya dok utk jawabannya. Suami saya sebelumnya sudah berkonsultasi dgn internist dok, dy yg menyarankan utk usg dan hasilnya tidak terlihat. Sudab tes darah, hasilny normal. Sudah sempat dicoba dgn antibiotik, stelah antibiotik habis, sakitnya terasa lg. Krn memakai bpjs, akhrny suami saya pindah rs dok, di rs yg baru ini diarahkan lgsg ke poli bedah. Ditangani oleh dokter bedah tanpa pendampingan dokter internist. Dr hsl appendicogram tdk terlihat usus buntunya, tp disuruh operasi saja dan tidak disarankan ct scan. Apa suami saya ajukan ct scan saja pd dokternya dok? Klo hrs ct scan persiapanny apa saja ya dok? Sy jd bingung dok krn di rs yg sekarang tdk dirujuk ke internist.