Tanya Dokter

  • Radang vagina yang berhenti saat haid dan kambuh setelahnya

  •  Wisa Mulyadi
    Anggota

    Dok saya mau brtnya. sepupu saya mengalami keputihan ada warna putih seperti susu basi,wrna kuning dan ada yg encer juga disertai radang n bintik merah..rasanya gatal, panas seperti terbakar dan bau obat cairannya.sudah 2 bulan. kalau lagi haid berhenti gejalanya dan sakit lagi setelah haid. itu apa obatnya? terimakasih dok.

    Hai, Keputihan bukanlah keluhan yang asing bagi kaum wanita. Keputihan yang dialami oleh wanita dapat terjadi karena proses normal pada tubuh akibat perubahan siklus hormon bulanan, maupun akibat adanya masalah pada daerah kewanitaan. Penyebab terjadinya keputihan yang tidak normal ada banyak, diantaranya :

    1. infeksi jamur
    2. infeksi bakteri vaginosis
    3. infeksi trichomoniasis
    4. infeksi herpes genital
    5. kanker serviks
    6. dan lainnya
    Untuk lebih rinci, Anda dapat membuka laman diskusi berikut dengan topik yang sama : diskusi keputihan Agar penyebab keputihan dapat diketahui secara pasti maka diperlukan adanya pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Dokter butuh untuk memeriksa langsung, termasuk pemeriksaan dengan spekulum vagina jika memungkinkan. Hal ini diperlukan untuk melihat dan menilai langsung kondisi vagina, termasuk bintik merah yang dikeluhkan. Selain itu pemeriksaan penunjang juga mungkin dibutuhkan, seperti analisis lab dari cairan keputihan. Pengobatan yang diberikan akan berbeda tergantung apa yang menjadi penyebab keputihan yang dialami. Berikut artikel yang membahas mengenai apa yang dapat dilakukan di rumah untuk membantu meringankan gejala : merawat daerah kewanitaan   Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari