Tanya Dokter

  • Benarkah radiasi hp menyebabkan kanker

  •  Roberto
    Anggota
    assalamu'alaikum dokter apa bener radiasi hp bisa menyebabkan kanker ?

    Halo Roberto......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, kemungkinan bahwa telepon genggam dapat menyebabkan kanker saat ini masihlah kontroversial. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa telepon genggam tidak berpengaruh pada risiko kanker.

    Terdapat beberapa alasan utama mengapa orang khawatir bahwa telepon genggam mungkin dapat menyebabkan kanker, atau masalah kesehatan lainnya, diantaranya adalah :

    • Telepon genggam memancarkan energi radio frekuensi yang merupakan bentuk radiasi non - pengion, dan jaringan tubuh terdeket bisa menyerap energi ini.
    • Jumlah pengguna telepon genggam meningkat dengan sangat cepat. Secara global, jumlah penggunanya diperkirakan mencapai 5 miliar.
    • Dari hari ke hari, jangka waktu setiap telepon dan jumlah frekuensi orang menggunakan telepon genggam semakin meningkat.

     

    Energi radiofrekuensi dari telepon genggam tidak menyebabkan kerusakan DNA yang dapat berakibat pada kanker. Penelitian terbaru menyatakan bahwa terdapat bukti yang sangat terbatas dimana menunjukkan bahwa radiasi telepon genggam merupakan agen penyebab kanker.

    Serangkaian penelitian yang telah dilakukan tidak dapat dijadikan acuan. Seringkali diperlukan bertahun tahun lamanya diantara penggunaan faktor penyebab kanker dan observasi tingkat kanker. Oleh karena itu, untuk saat ini, dimungkinkan bahwa jarak waktu yang ada masih terlalu singkat untuk mendeteksi peningkatan tingkat kanker yang berkaitan langsung dengan penggunaan telepon genggam.

    Jika Anda khawatir mengenai kemungkinan kaitan antara radiasi telepon genggam dengan kanker, pertimbangkan untuk membatasi penggunaan telepon genggam Anda. Atau, gunakan speaker atau alat hands - free, sehingga Anda dapat menjauhkan telepon genggam dari kepala Anda setiap melakukan panggilan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    RADIASI TELEPOIN GENGGAM

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati