Tanya Dokter

  • efek samping dari radioterapi

  •  Eva Krisani
    Anggota
    Assalamualaikum dok, mau tanya dok ini kan ibu saya mau radioterapi karna kanker payudara trus disuruh minum obat yang 5 tahun itu , saat radioterapi tetap diminum yaa dok letrazololnya ? Satu lagi efek samping radioterapi itu apa yaa dok ?

    Terima kasih Eva Krisani atas pertanyaannya.

    Radioterapi memang salah satu cara pengobatan yang sering dilakukan pada pasien kanker. Radioterapi akan memanfaatkan radiasi untuk mengontrol pertumbuhan sel kanker, karena beberapa jenis kaker merupakan radiosensitif (memberikan respon yang baik terhadap radiasi).

    Dalam hal ini, saya tidak dapat menjawab mengenai obat-obatan yang sedang dikonsumsi Ibu Anda. Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang merawat Ibu Anda serta dokter yang akan melakukan radioterapi pada Ibu Anda.

    Mengenai efek samping radioterapi, tergantung dari lokasi radioterapi tersebut. Jika yang dialami Ibu Anda adalah kanker payudara, maka radioterapi akan dilakukan di daerah dada, dan efek samping yang mungkin terjadi adalah:

    - Batuk

    - Nafas pendek

    - Sulit menelan

    Namun biasanya efek samping ini akan hilang setelah terapi selesai. Anda juga sebaiknya berdiskusi terlebih dahulu dengan dokternya sebelum dilakukan radioterapi. Yang penting untuk diingat juga bahwa hingga saat ini, kanker masih belum dapat disembuhkan secara total, sehingga radioterapi sekalipun bertujuan untuk mengendalikan laju pertumbuhan sel kanker dan mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan agar dapat meningkatkan kualitas hidup pasien.

    Anda juga dapat membaca artikel terkait:

    Radioterapi

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya