Tanya Dokter

  • radiotherapy maksimal berapa kali treatment

  •  Cuing Har
    Anggota

    Dokter, saya ingin bertanya Berapa kali treatment sinar yg diperbolahkan? Saat ini sudah melakukan sinar 2x treatment. Sinar yg pertama th 2013 : total 35x Sinar yg kedua th 2014 : total 30x Apakah diperbolehkan untuk sinar yang ke tiga kalinya? Mohon informasinya dokter dan Terimakasih.

    Halo, Kemoradiasi merupakan salah satu teknik penghancuran sel kanker (kemo) dengan cara dilakukan penyinaran sinar x-ray, protan dan energi tertentu. Kemoradiasi dijadikan pilihan pengobatan yang dilakukan pada beberapa kasus tumor/kanker yang sensitive terhadap pengobatan kemoradiasi. Terapi radiasi digunakan untuk merusak sel kanker dengan cara menghancurkan sel genetik yang mengontrol pertumbuhan dan pertambahan sel kanker. Kemoterapi berfungsi untuk:

    • Menghancurkan/menghilangkan sel kanker,
    • Menghentikan pertumbuhan sel kanker,
    • Memperkecil ukuran sel kanker.
    Kemoradiasi dilakukan dengan memperhitungkan keuntungan dan kerugian bila dilakukan atau tidak pengobatan dengan kemoradiasi. Kemoradiasi dilakukan oleh dokter yang sudah ahli dibidangnya, tentu saja pilihan untuk melakukan kemoradiasi sudah dipertimbangkan sebelumnya, dan menjadi pilihan terbaik yang dapat diberikan oleh dokter yang melakukan perawatan. Pertimbangan dalam melakukan kemoterapi harus dilakukan melihat kondisi pasien dan perkembangan dari penyakit yang dideritanya. Hal ini harus dikonsultasikan antara pasien, keluarga dan dokter yang merawatnya. Berikut saya sertakan artikel tentang kemoterapi (radioterapi). Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama.