Tanya Dokter

  • Rahang sakit setelah cabut gigi

  •  Edy Wijaya S
    Anggota
    Malam dok.. 1 mingu lalu Saya baru saja cabut gigi,dan sekarang mulut saya sulit di buka,apabila saya paksa buka lebar,rahang terasa sakit,wajarkah ini dok? Dan apa yg harus saya lakukan? Trimakasih.

    Hai Edy,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Nyeri pasca cabut gigi umumnya akan membaik dalam waktu kurang dari 1 minggu. Untuk mempercepat penyembuhan, dokter biasanya akan meresepkan beberapa obat, seperti analgetik untuk meredakan nyeri dan juga antibiotik untuk meminimalisasi risiko infeksi.

    Nyeri rahang dan sulit membuka mulut yang Anda alami bisa berkaitan dengan pencabutan gigi yang Anda alami sebelumnya, bisa juga tidak. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

    Jika nyeri terasa sangat hebat, sebaiknya Anda memeriksakan diri kembali ke dokter ya.. Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan seksama dan menentukan penanganan terbaiknya. Jika perlu, dokter akan merujuk Anda ke dokter spesialis yang tepat guna memperoleh penanganan lebih lanjut.

    Sebagai langkah awal, kompres rahang yang nyeri dengan air hangat atau konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol. Di samping itu, lakukan juga tips berikut:

    • Batasi dulu makanan keras dan yang memicu produksi air liur berlebihan (misalnya makanan pedas, berlemak)
    • Hindari kebiasaan mengunyah makanan terlalu lama hanya di salah satu sisi gigi saja. Lakukan dengan seimbang
    • Hindari menopang salah satu sisi rahang dalam waktu lama
    • Batasi membuka mulut terlalu lebar, misalnya saat tertawa atau menguap

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah