Tanya Dokter

  • Apakah rahim sudah bersih setelah keguguran?

  •  Mustrian
    Anggota

    saya masih ragu rahim istri saya bersih dok, istri saya pasca keguguran hanya pendarahan seminggu dan nyeri biasa, sebulan kedepan dia udah mens dan normal sprti biasa dan tdk ad tanda nyeri hebat maupun pendarah berlebih hingga 1 tahun ini. apakah udah bersih dok?

    Hai Musrian,

    Jika paska keguguran masih didapati tanda tanda perdarahan walaupun sedikit, berlangsung setiap hari, atau flek flek saja, disertai dengan mulas mulas, maka kemungkinan rahim masih belum bersih, masih ada sisa konsepsi atau janin, dalam rahim. 

    Tetapi jika perdarahan sudah berhenti, dan istri Anda bahkan sudah menstruasi kembali seperti biasa, maka seharusnya tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Jika Anda masih belumm yakin, Anda dapat membawa istri Anda untuk diperiksa langsung oleh dokter kandungan. Dengan menggunakan USG, sisa hasil konsepsi dalam rahim dapat diketahui segera.

    Jika Anda dan istri merencanakan untuk kembali memiliki anak, maka Anda dapat merencanakannya sesuai kebutuhan Anda. Tidak ada aturan untuk menunda kehamilan paska keguguran, walaupun beberapa menganjurkan untuk menundamya sekitar 6 bulan. Silahkan baca: Tidak perlu menunda kehamilan paska keguguran.

    Hal hal yang perlu diperhatikan adalah:

    • Jika Anda dan istri tetap merencanakan kehamilan, maka pastikan baik kondisi Anda maupun istri dalam keadaan sehat.
    • Periksakan kesehatan Anda dan pasangan ke dokter dan laboratorium, untuk melihat hal hal penting seperti: rhesus, TORCH, dan lainnya.
    • Makanlah makanan sehat
    • Jaga berat badan ideal

    Demikian penjelasannya, semoga bermanfaat bagi Anda dan istri Anda.