Tanya Dokter

  • Jeruk nipis menyebabkan rahim kering?

  •  Nurul Aisyah
    Anggota

    dokter, apakah terlalu banyak mengkonsumsi jeruk nipis baik yg dicampurkan pada makann, dibuat minuman atau hanya dimakan makan seperti biasa dengan takarann yang berlebihan dapat menyebabkan rahim kering? dan apa fator dari rahim yg kering?

     

    terima kasih banyak

    Halo,   Apa yang Anda maksud dengan Rahim kering adalah Ketidakmampuan untuk hamil? Dalam dunia medis kami tidak mengenal rahim kering. Ketidak mampuan untuk hamil disebut dengan istilah Infertilitas (ketidak suburan). Jeruk nipis pada dasarnya adalah salah satu buah yang berfungsi baik untuk kesehatan selama dikonsumsi dengan wajar. jeruk nipis kaya akan vitamin C dosis tinggi dan bersifat alami. Konsumsi jeruk nipis berlebihan mungkin bisa menyebabkan iritasi pada lambung akibat rasa asam, memperburuk kondisi sakit maag / GERD dan membuat perut terasa kembung. Namun penelitian lebih jauh perlu dilakuakn untuk mencari tahu hubungan antara jeruk nipis berlebih dengan infertilitas. Hingga saat ini tidak ada hubungan antara konsumsi jeruk nipis dengan masalah infertilitas. Infertilitas terjadi akibat adanya gangguan pada sel telur, sel sperma atau kondisi rahim yang tidak bisa ditinggali oleh sel hasil pembuahan. Pada pria, Penyebab infertilitas antara lain adalah :

    1. Gangguan hormonal = tiroid, prolaktinemia, dll
    2. Gangguan fisik = varikokel, Infeksi, genetik dll.
    3. Impotensi
    4. Kanker
    5. Pengobatan tertentu
    6. Merokok, konsumsi alkohol, narkoba dll
    7. dll
    Sementara penyebab infertilitas pada wanita adalah :
    1. Usia
    2. merokok, minum alkohol
    3. Gangguan ovulasi
    4. Penyakit pada saluran tuba
    5. Berat badan berlebih
    6. Endometriosis
    7. Jaringan parut pada rahim akibat bekas operasi, trauma dll.
    8. dll.
    Untuk mengatasi infertilitas maka Anda bisa memeriksakan diri dan pasangan Anda untuk kesehatan organ reproduksi Anda berdua. Dengan mengetahui adanya kelainan maka penanganan mengatasi infertilitas bisa diberikan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi