Tanya Dokter

  • Kondisi rahim setelah melahirkan

  •  Chacha Mine
    Anggota
    Apakah benar jika baru melahirkan dan sering keluar menggunakan motor bisa membuat tempet rahim bisa turun, sehingga menghalangi keluarnya darah nifas?? Apakah bisa beresiko kena penyakit juga kalau darah nifas tidak bersih setelah melahirkan??

    Halo,

     

    Rahim merupakan sebuah organ yang memiliki fungsi reproduksi, pada anatomi rahim, rahim memiliki ligamen (sejenis lapisan kuat yang memegang rahim) yang berfungsi menjaga rahim pada tempatnya (tidak turun). 

    Jadi anggapan bahwa sering naik motor sesudah melahirkan akan membuat rahim turun tidak memiliki dasar medis yang jelas dan belum terbukti kebenarannya secara medis.

    Rahim bisa saja mengalami “turun” atau dikenal dengan istilah prolaps uteri pada kasus medis seperti :

    1.  kelemahan ligamen karena otot dasar panggul yang lemah
    2. Kehamilan pada usia lanjut
    3. Sering melahirkan.
    4. kompresi crede pada perut yang dilakukan secara berlebihan saat persalinan
    5. asites
    6. kelainan pada ligamen penyangga rahim.
    7. Batuk kronis berat, tumor abdomen.

    Darah nifas umumnya akan mengalir sebagai mana  menstruasi biasa, darah nifas akan berhenti dengan sendirinya saat kondisi rahim sudah normal dan kontraksi rahim bagus untuk membantu menghentikan perdarahan. 

    Kami tidak memahami istilah darah nifas tidak bersih, karena umumnya pada saat nifas darah tersebut akan bervariasi berhenti tergantung dari individu masing masing. 

    Pastikan kondisi Anda cukup kuat untuk beraktivitas dengan menggunakan motor, sangat disarankkan untuk beristirahat dengan cukup paska melahirkan sampai kondisi tubuh kuat paska persalinan yang banyak menyita energi Anda. Makan makanan bernutrisi dan kelola stress.

    Jika Anda memiliki kondisi yang tidak nyaman paska melahirkan maka segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter kandungan yang memeriksa Anda untuk pemeriksaan yang lebih seksama.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi