Tanya Dokter

  • rambut rontok dan solusinya

  • dok semenjak sama memakai jilbab rambut saya rontok dalam jumlah banyak dok, saya sudah coba memakai hairtonic, sampai lidah buaya, tetap seperti itu, apa ada solusi lain dok?

    Halo,   Penggunaan jilbab seyogyanya tidak menimbulkan efek kerontokan rambut, namun jika penggunaan jilbab membuat kondisi rambut Anda lembab dan memudahkan infeksi jamur (ketombe) maka kondisi ini bisa menyebabkan kerontokan yang sedikit berlebih. Pada umumnya rambut akan rontok secara normal < 100 helai perhari dan digantikan dengan rambut baru. Namun beberapa kondisi tertentu bisa menyebabkan kerontokan rambut berlebih seperti :

    1. infeksi jamur
    2. Dermatitis
    3. Psoriasis
    4. Perlakuan rambut yang berlebihan = mengikat rambut terlalu kuat, memblow dry, catok, perming, smoothing dll.
    5. Sensitifitas hormon
    6. kehamilan dan menyusui
    7. Stress
    8. dll
    Jika kerontokan rambut Anda sangat parah maka periksakanlah kondisi kesehatan kulit kepala dan rambut Anda ke dokter kulit. Dokter kulit akan mengidentifikasi dan menentukan terapi terbaik untuk kasus Anda. Untuk mengurangi kerontokan rambut, Anda bisa melakukan beberapa tindakan seperti :
    1. keramas setiap hari dengan shampoo yang sesuai.
    2. Biarkan rambut kering alami dan hindari penggunaan jilbab saat rambut masih basah/ lembab.
    3. Gunakan sisir bergigi jarang untuk membantu merapikan rambut Anda.
    4. Hindari mengikat rambut terlalu kuat.
    5. Kelola stress
    6. Penggunaan minoxidil untuk wanita dianggap baik untuk mengurangi kerontokan, namun penggunaan obat ini harus dikontinu terus menerus untuk mempertahankan kondisi rambut.
    Baca topik Solusi rambut rontok.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi