Tanya Dokter

  • penyebab dan mengatasi rambut rontok

  • Selamat Malam dok. Maaf mengganggu waktunya Saya perempuan yang menggunakan hijab, bagaimana cara agar rambut tidak rontok terus menerus. Rambut saya setiap hari tiada hari tanpa rontok. Padahal saya sudah menggunakan shampo anti rontok seperti nature, gens, dan juga lidah buaya. Tetapi rontok tetap saja tidak berkurang malah bertambah. Saya juga 1tahun sekali memotong rambut tapi tumbuh rambut panjang lama sekali dan juga memendekan rambut tidak berpengaruh untuk berkurangnya rontok, malah tetap saja rontok dan membuat rambut menipis. Lalu shampoo apa yang paling ampuh mengatasi rontok yang berlebihan?

    Halo Ainul.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Pada dasarnya kerontokan pada rambut dapat dialami oleh semua manusia. Akan tetapi yang perlu diwaspadai adalah kerontokan rambut yang sudah mencapai lebih dari 100 helai per harinya, Dimana hal ini harus diketuai penyebabnya agar dilakukan serangkaian penanganan.

    Berikut ini beberapa faktor yang dapat memicu kerontokan pada rambut secara berlebihan, yaitu : pengaruh hormon, kekurangan gizi atau nutrisi, stres psikologis yang berat, efek samping pemakaian produk rambut berbahan kimia keras, sering mengikat atau menjepit rambut secara berlebihan, efek samping obat - obatan tertentu yang akhirnya menimbulkan kerontokan rambut.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara : menggunakan sampo yang tepat, hindari pemakaian bahan kimia pada rambut, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, perbanyak makan buah dan sayur, hindari menarik rambut terlalu keras saat mengikat atau menjepit rambut, kelola stres psikologis.

    Jika setelah melakukan cara - cara di atas kondisi yang Anda alami masih saja terjadi, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit kulit, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkain penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KERONTOKAN RAMBUT

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati