Tanya Dokter

  • rambut rontok karena genetik

  •  Setiawan
    Anggota

    Halo Dokter,,

    Apakah rambut rontok karena dht / genetik dapat dihentikan ?

    Saya mengalami kerontokan rambut dari akar kurang dari 40 helai per/hari. Ini sudah berlangsung sekitar 7 bulan.

    Apakah kerontokan itu wajar ?

    Saat ini saya rutin meminum teh hijau dan memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah.  Saya juga memberikan minyak jarak + minyak anggur untuk diaplikasikan di rambut Saya.

    Apakah cara yang saya lakukan tersebut sudah benar dok untuk menghambat kerontokan rambut karena dht ? Karena Saya memang menjauhi untuk menggunakan produk kimia dalam menangani rambut rontok saya.

    Terima Kasih

    Hai Setiawan, Rambut rontok merupakan hal yang sanagt sering menjadi keluahn setiap orang. Rambut rontok juga sangat bervariasi mulai dari yang sedikit, sedang dan banyak. Kerontokan rambut yang parah bisa sangat mengganggu karena dapat mengakibatkan kebotakan. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerontokan juga berbeda pada setiap orang seperti:

    • Makanan seperti makanan berlemak dan makanan pedas
    • Obat-obatan
    • Penggunaan alat rambut
    • Gangguan emosional (stress)
    • Kekurangan gizi dan vitamin
    • Penyakit seperti diabetes dan lupus
    • Infeksi
    • Kehamilan dan persalinan
    • Keturunan (Hormon DHT)
    • dll
    Hormon Dihydrotestosteron (DHT) ternyata menjadi musuh utama rambut kita, dari penelitian para ahli dan dokter spesialis kulit di Amerika dan Eropa, berubahnya hormon testosteron menjadi hormon dihydrotestosteron menjadi penyebab utama kebotakan rambut pada pria dan wanita di seluruh dunia. Memang belum ditemukan penyebab secara pasti kenapa hormon testosteron berubah menjadi dihydrotestosteron (DHT). Oleh sebab itu, hal ini bisa terjadi pada siapapun termasuk wanita meskipun hal ini jarang sekali terjadi. DAri beberapa kasus kebotakan terjadinya hormon DHT lebih banyak disebabkan oleh faktor keturunan, dimana jika garis keturunan keatas ada yang botak maka resiko menderita kebotakan akan semakin tinggi namun jika garis keturunan keatas tidak ada yang menderita kebotakan rambut perlu diwaspadai pola hidup dan pola makanan anda. Makanan dan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, sering begadang, stress berlebihan diyakinkan menjadi penyebab utama terjadinya hormon DHT. Ciri khas rambut rontok karena hormon DHT adalah batang rambut yang dulunya tebal dan kuat lama kelamaan akan makin menipis atau mengecil, rapuh dan mudah patah. Hal ini terjadi karena suplai makanan yang sangat berkurang sehingga batang rambut menjadi tidak sehat. Warna rambut juga memudar menjadi warna coklat terang, pucat dan tidak sehat. RAmbut menyerupai rambut bayi yang halus, lama kelamaan akan rontok atau gugur walaupun tidak langsung disadari oleh penderita. Cara untuk mengatasi rambut rontok yang disebabkan oleh faktor genetik atau faktor keturunan adalah dengan memenuhi asupan gizi dan nutrisi untuk rambut dengan baik, nutrisi rambut yang terpenuhi dengan baik membuat kerontokan rambut karena masalah keturunan berkurang secara drastis, hindari stress dan kelelahan karena keduanya akan mengakibatkan kerontokan rambut semakin parah. Pada hakikatnya maslah kerontokan rambut karena keturunan tidak bisa diobati hingga sembuh namun anda dapat melakukan berbagai pencegahan agar kerontokan tidak semakin parah. Solusi terbaik untuk mengatasi kerontokan akibat produksi DHT yang meningkat adalah dengan menggunakan anti DHT atau DHT blockers. DHT blocker terbaik yang paling alami adalah zat seng atau zinc yang ada secara bebas di alam dan makanan alami yang kaya seng akan membantu memblokir DHT alami. Produk lainnya adalah saw palmetto yang berfungsi menurunkan DHT dalam tubuh. DHT blocker yang alami lainnya adalah ekstrak pygeum yang menghambat produksi DHT dalam tubuh. Prolaktin juga dipercaya untuk meningkatkan penyerapan testosteron oleh prostat, dan mengurangi kadar DHT dalam darah. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis kulit sehingga dapat dilakukan pemeriksaan yang spesifik dan dapat diberikan pengobatan yang tepat. Anda dapat membaca artikel tentang rambut rontok di bawah ini: Rambut rontok TErimakasih Semoga membantu dr.Yosephine U L Simanungkalit