Tanya Dokter

  • Mengatasi rambut rontok parah

  •  Omangg
    Anggota
    Mau nanya dong dok,,rambut saya dulu sempat rontok parah,,gara" minum obat mdt kusta,,clarhitromisin,,dan ofloxasin ... Rambut saya kan asli'a lurus,,skrng tumbuh'a lambat banget dan agak" kriting gtu... Prtnyaan'a dok ,,gmana sihh cara'a agar rambut saya cepat tumbuh panjang,,pdhal saya udah selesai minum obat..

    Halo. Normal bila kehilangan rambut kurang dari 100 helai perharinya. Hal ini dapat terjadi saat menyisir rambut, keramas atau kegiatan lainnya. Namun jika berlebihan, terkadang ada alasan medis yang menjadi penyebab kerontokan.Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kerontokan rambut

    • Gangguan hormon. Ada beberapa hormon yang dapat penyebabkan rambut rontok, yaitu Hormon Alopesia Androgenetik, Hormon Dihydro Testosterone (DHT), dan Hormon Alopesia Areata.
    • Penggunaan bahan kimia pada rambut
    • Pengaruh Gizi dan Vitamin. Penyebab rambut rontok parah selanjutnya bisa terjadi karena pengaruh gizi dan vitamin. Asupan gizi dan vitamin yang kurang menyebabkan rambut menjadi mudah rontok. Kerontokan yang terjadi karena helaian rambut yang tumbuh menipis dan menjadi mudah rapuh. Oleh karena itu, keseimbangan makanan dengan memperhatikan gizi serta vitamin sangat penting dan dapat mengatasi rambut rontok.
    •  Efek Samping Obat. Ada beberapa obat yang memiliki efek samping membuat rambut rontok. Diantarnya ialah obat yang digunakan untuk menangani depresi, obat pengencer darah, obat kemoterapi, dan kontrasepsi. Kerontokan akan berkurang apabila penggunaan obat dihentikan.
    • Alat Penata Rambut
    • Gangguan Emosional. Kerontokan dapat terjadi ketika seseorang tertekan atau mengalami stres yang berlebihan.
    • Terlalu Kencang Meikat Rambut
    • Jarang mencuci rambut
    • Sinar matahari dan polusi

     

     

    Saat mengkonsusmi obat tertentu yang menyebabkan rambut rontok, biasanya rambut akan kembali normal setelah penggunaan obat dihentikan. Namun tidak langsung tumbuh, perlu waktu untuk beradaptasi kembali dengan kondisi tubuh.  Berikut beberapa cara mengurangi rambut rontok :

     

    1. Konsumsi  makanan yang kaya akan protein, gizi, dan vitamin yang baik untuk tubuh dan rambut. Kekurangan protein seperti (daging merah, telur, ayam dan lain sebagainya) dapat menghambat pertumbuhan keratin rambut.
    2. Menggunakan masker rambut dari bahan alami sperti sari buah dan lidah buaya
    3. Minyak zaitun. Minyak zaitun bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mengahluskan rambut.
    4. Minyak kemiri juga bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut
    5. pilihlan jenis shampoo dan kondisioner yang cocok untuk jenis rambut

    Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai kerontokan rambut Anda.

    Semoga bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S