Tanya Dokter

  • Rasa gatal karena berlebihan dalam penggunaan obat

  •  Adit
    Anggota

    Dok, apa yg harus dilakukan seseorang ketika merasa gatal karna berlebihan dalam penggunaan obat ? Terima kasih...

    Halo,   Apa yang Anda maksud dengan berlebihan dalam penggunaan obat? Apa dosis yang diminum terlalu banyak? Atau minum obat setiap hari dalam jangka panjang? Rasa gatal jika meminum obat biasa dikarenakan Anda memiliki alergi terhadap salah satu atau lebih komposisi dari obat yang Anda minum. Yang harus dilakukan jika Anda alergi adalah menghentikan konsumsi obat Anda dan memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan alergi tersebut. Anda juga bisa meminum obat anti alergi seperti loratadin / cetirizin sementara waktu, namun jika obat tersebut tidak mengurangi gatal maka kemungkinan alergi obat Anda akan membutuhkan obat yang lebih intensif seperti steroid atau epinefrin untuk meredakan alergi Anda. Jangan lupa untuk mencatat keluhan yang timbul paska minum obat. Jika Anda menunjukan tanda alergi pada salah satuobat, segera ingat nama dan jenis obat tersebut agar Anda tidak mendapatkan obat yang sama di kemudian hari. <p style="text-align: left;">Namun jika Anda meminum satu obat dalam dosis berlebih sekali minum maka kemungkinan  Anda mengalami keracunan obat. Tindakan ini memerlukan bilas lambung dan mengeluarkan obat yang Anda konsumsi sesegera mungkin. Jika terdapat antidot dari obat yang Anda minum maka Anda bisa diberikan antidot untuk menetralkan efek samping obat pada tubuh Anda.</p> Baca topik Alergi obat. Semoga membantu.   Dr. Yusi