Tanya Dokter

  • Penyebab sering merasa lapar berlebihan di malam hari dan terasa nyeri ulu hati

  •  gee c.
    Anggota

    Dok .. sudah 1 minggu ini saat malam hingga dini hari lebih terasa laparnya di banding saat pagi atau siang .. Knp ya ?

    Porsi makannya pun juga bisa lbh byk saat malam hari .. Saat dini hari rasa laparnya benar2 terasaa , hingga kadang perih dan nyeri di ulu hati , krn kalo dini hari sudah tidak ada makanan lg .. Jadi susah tidur juga karena rasa laparnya .. Tapi jika ngemil , nanti tiba2 terjadi heartburn .. Jadi serba salah ..

    Dan 1 minggu ini , sudah makan atau belum pun perut seriing skali bunyi2 dgn keras , sampai bikin malu .. Sendawanya juga jd sering dok , bisa bbrp menit sekali .. pdhl sebelumnya hanya setelah makan saja ..

    Saya memang punya sakit maag .. Apakah ini krn maag saya sedang kambuh saja ? Dan kalo memang krn maag , apakah dgn perbedaan rasa sakit atau keluhan2 dr sebelumnya , itu artinya kondisi maag saya kali ini lbh parah dr sebelumnya ?

    Salam, Secara umum, keluhan yang Anda rasakan kemungkinan sama dengan pertanyaan Anda sebelumya tentang heartburn. Pada pasien heartburn keluhan nyeri atau panas pada malam hari menjadi lebih dominan dibandingkan pada siang atau sore hari. Hal ini disebabkan pada malam hari tubuh kita sudah mengalami kelelahan baik fisik atau psikis yang menyebabkan tubuh kita terasa capai atau mengantuk. Dengan demikian, bagaiman kita menjaga aktivitas, jenis makanan/minuman yang dikonsumsi, kontrol stres  menjadi hal penting yang perlu kita lakukan setiap hari untuk mencegah keluhan ini. Menjaga kebiasaan, rokok, alokohol, soda, dan makanan lainnya merupakan langkah penting untuk kita medapatkan stablitas kondisi pencernaan agar tetap terjaga dan tidak beresiko menyebabkan penyakit. Bila keluhan ini muncul dan lebih berat dibanding sebelumnya, kemungkinan iritasi pencernaan Anda lebih meningkat dibandingkan sebelumnya. Maka: 1. hindari faktor resiko 2. olah raga rutin 3. cukupi kebutuhan air Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga heartburn. dr. Ulfi